Wow.. Panen Raya Semangka Inul di Karawang

0
Karawang,-Semangka varietas Nani, panah merah dan birnia alias Inul dipanen para petani di Dusun Pundong IV,Desa Pasirtanjung,Sabtu 7/10. Panen semangka yang ditanam dua bulan lalu diatas lahan 20 hektar tersebut mampu hasilkan produksi 15 - 20 ton perhektarnya.

Ketua Kelompok Tani (Poktan) Sri Rejeki Desa Pasirtanjung,Dasum mengatakan, pihaknya tanam semangka beragam varietas ini sejak dua bulan lalu saat kondisi sawah masih kering. Tanpa banyak memakan biaya produksi,ia bersyukur semangka jenis varietas 


Besar seperti Nani dan Panah merah hingga semangka lonjong seperti Red In dan Birnis atau yang lebih dikenal dengan Inul, lancar tanpa kendala selama masa pertanaman. Hasilnya sebut Ajum,semangka yang ditanamnya diatas lahan 20 hektar tersebut mampu menembus angka produksi 15 - 20 ton perhektarnya,baik untuk dipasarkan sekitaran Kecamatan Lemahabang,maupun Cikampek, Karawang,Pasar Induk Bekasi dan Cikarang." Usia tanamnya cukup 65 hari, semangkanya sudah tua dan siap panen, alhamdulillah hasilnya cukup baik kali ini," Ungkapnya.


Kepala UPTD Pertanian Kecamatan Lemahabang, Dedi mengatakan, Panen semangka di poktan sri  rejeki IV Dusun pundong 2 Desa Pasirtanjung ini sukses dalam pemanfaatan lahan paska panen padi, ragam varietas semangka berhasil tanam sampai dipanen, apalagi hasil produksinya cukup baik, yaitu 15 - 20 ton perhektarnya, dengan kata lain jika ditanam diatas lahan 20 hektar , berarti sudah 400 ton semangka diproduksi di Pasirtanjung ini. Adapun soal harga di kebun, masih variasi, seperti yang bulat Rp 1.500 perkilogramnya, sementara yang lonjong atau petani sering  menyebutnya varietas inul, dihargai Rp 2500 perkilogramnya,"Produksi perhektar 15 sampai 20 ton, sampai panen usia tanam 60 smpai 65 hari,Alhamdulillah dipanen serentak," Jelasnya.


Lebih jauh Dedi menambahkan,selain Kedelai, semangka yang diproduksi petani juga mampu menjadi daya tawar ekonomi cukup baik, bahkan berhasil dipasarkan ke cikarang pasar induk, cikampek, karawang dan di jual di wilayah Lemahabang sendiri. Diharapkan, pemanfaatan lahan paska panen ini bisa diminati masyarakat tani dimusim- musim berikutnya." Semoga bisa diminati dengan baik dan bertambah pemanfaatan lahannya di tahun- tahun berikutnya,"Pungkas Dedi.

Pewarta: Ruri
Editor: Farida
Posting Komentar