KARAWANG-  Untuk merenggut kejayaan seperti tahun 2004,  Partai Golkar Kabupaten Karawang melakukan pendaftaran ke Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Karawang, Jumat (13/10).

Ketua DPD Partai Golkar Karawang, Sri Rahayu yang datang bersama puluhan pengurus partai datang pada pukul 14.00 WIB, mengatakan pendaftaran parpol dengan didampingi oleh para pengurus merupakan langkah awal pihaknya merebut kemenangan di Pemilu 2019 mendatang.

"Pekerjaan kami ialah kembali merebut kejayaan partai seperti pada tahun 2004 lalu, ketika kami mempunyau bupati dan ketua dewan dari partai kami," ujar Sri kepada awak media, Jum'at (13/10).


Tak lama para pengurus partai Golkar meninggalkan kantor KPU, para pengurus partai Hanura datang ke kantor KPU tepatnya pada jam 15.00 WIB. Tak berbeda jauh dengan partai Golkar, kedatangan partai Hanura untuk mendaftarkan menjadi peserta pemilu langsung dipimpin oleh Ketua DPC Partai Hanura Karawang, Ahmad Ardiansyah yang didampingi oleh para pengurus partai.


Dikatakan Ardi, keharusan verifikasi atau sinkronisasi data Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) dengan hardcopy dokumen kepengurusan sedikit berbeda dengan yang dilakukan dengan pusat. Pasalnya jika di pusat, KPU dan Parpol langsung melibatkan Kemndagri untuk sinkronisasi, tapi di daerah para pengurus harus secara manual membuka arsip yang ada di partai.


"Tapi mungkin itu sudah jadi ketentuan, jadi kita ikut saja," katanya.

Sementara itu, partai Nasdem lebih dahulu datang ke KPU sebelum kedua partai tersebut. Para pengurus partai Nasdem datang untuk mendaftarkan diri sekitar pukul 09.00 Wib.

Ketua KPU Karawang, Riesza Affiat mengatakan sampai pada hari Jum'at (13/10) kemarin telah ada sebanyak 6 parpol yang telah mendaftarkan diri kepesertaan pemilu. keenam partai tersebut yakni partai Perindo, PSI, PDIP, Nasdem, Golkar dan Hanura.

"Dari kesemuanya, hampir semua masih harus melengkapi data yang harus dilampirkan, dan kami sudah kasih tahu akan kami tunggu kelangkapannya hingga 15 Oktober mendatang," katanya.

Pendaftaran kepesertaan pemilu dikatakan Riesza untuk di Karawang akan dibagi kepada tiga tahapan yang harus dilalui oleh parpol yang mendaftarkan diri agar dapat ikutserta dalam pemilihan umum.

"Ini tahapan pertama, nanti yang terakhir verifikasi faktual," tuturnya.

Penulis: Oca
Editor:Farida