728x90 AdSpace

iklan
Rabu, November 01, 2017

Gabah Karawang Diburu Tengkulak Luar Kabupaten

Karawang-.Sejumlah daerah di Kecamatan Telagasari dan  Tempuran Kabupaten Karawang pada minggu pertama di bulan November tahun ini memasuki musim panen.(1/11/2017).

Dan sudah menjadi biasa untuk petani di Karawang bila panen tiba mereka ramai-ramai menjual hasil panen atau gabahnya sebelum sampai rumah masing-masing.

Sudah mentradisi petani di Karawang menjual gabah saat diangkat dari sawah.Bahkan,tak sedikit masa sekarang pulang pun tak membawa untuk makan atau bibit,ujar seorang Petani di Layapan Tempuran,Lemahduhur.

Tapi yang tak membawa pulang buat makan biasanya masih ada simpanan gabah hasil panen lalu dan  untuk bibit juga sekarang tidak seperti dulu memisahkan dari hasil panen melainkan lebih suka memilih beli dari kios karena banyak varitas unggulan,ungkap Amud.

Saat disinggung menjual gabah kepada siapa,petani memilki sawah luas ini menjawab enteng,"cocok harga tak terbatas siapa pembelinya tapi biasanya dihutang terus sama tengkulak",ungkapnya.

Biasanya gaya tengkulak itu panjer dulu kepada petani untuk pelunasannya bisa makan waktu seminggu atau bisa sebulan,tambahnya.

"Sebulan ga soal terpenting dibayar saja.Karena tak sedikit petani sampai bolak-balik nagih ke tengkulak.Itu biasanya tengkulak rugi akibat rendemen dikit atau ada kalanya belum digiling jadi pembayaran tertunda",bebernya.

Sambung Amud,saat ini banyak tengkulak gabah datang dari luar kabupaten dan lebih memilih membayar kontan.Para tengkulak itu datang ke sini asal Indramayu,Subang,Cikarang bahkan ada yang dari Bogor,pungkasnya.
  • Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Gabah Karawang Diburu Tengkulak Luar Kabupaten Rating: 5 Reviewed By: PELITA KARAWANG