Karawang Miliki Koperasi Hidroponik Satu-satunya di Indonesia

0
Karawang,  - Tanaman Hidroponik nampaknya mulai menjadi trend baru kegemaran masyarakat Desa Lemahabang. Hal itu nampak dari banyaknya peserta pelatihan Hidroponik yang diselenggarakan Bumdes Rukun Sejahtera Minggu (19/11).

Metode tanaman tanpa tanah yang sudah hadir di Karawang sejak 2012 lalu ini,  banyak di telisik kalangan muda,  tokoh tani hingga kaum ibu karena memiliki prosfek menjanjikan.

Ketua Bumdes Rukun Sejahtera,  Dede Tarja mengungkapkan, pihaknya sudah mempersiapkan jauh-jauh hari pelaksanaan pelatihan hidroponik ini yang langsung menghadirkan spesialisanya.  Karena,  Bumdes yang dipimpinnya ini salah satunya juga menggarap sektor pertanian, khususnya hidroponik. Untuk itu,  mendiskusikan ilmu hidroponik ini,  ia berharap bisa diserap para peserta dengan latar belakang apapun untuk mengembangkan tanaman sayur melalui metode hidroponik ini,  seperti pakcoy,  kangkung dan sawi. " Persiapan sudah jauh-jauh hari,  kita ingin pengembangan hidroponik ini bisa banyaj diserap dan di praktekan oleh masyarakat," Katanya. 

Sementara itu,  Narasumber yang juga spesialis tanaman hidroponik,  Ajud Tajarudin S.P mengatakan,  Hidroponik sudah hadir di karawang sejak tahun 2012, karena sebelumnya impor dari Bandung dan Bogor.  Namun,  seiring perkembangan waktu,  di Karawang mulai dikembangkan,  bahkan menjadi satu-satunya Hidroponik yang memiliki koperasi mandiru se indonesia dengan nama Koperasi Tani Karawang (Kotak) . Prosfek tanaman sayur dengan hidroponik ini sangat menjanjikan,  karena bisa memenuhi pangsa pasar sayuran di Perhotelan,  Supermarket hingga Rumah Sakit. Namjn,  jauh sebelum melihay prosfek, metode dan cara berhidroponik ini harus di fahami, Karena tanaman sayur yang mengandalkan nutrisi Untuk memenuhi kebutuhan pupuk tanaman, maka pupuk yang diberikan pada tanaman hidroponik ini sebut Ajud,  adalah dalam wujud cairan. 

Sehingga, nutrisi yang dibutuhkan tanaman akan bisa dengan gampang diserap dan disalurkan oleh akar tanaman. Dirinya apresiasi,  Bumdes ini menggarap pelatihan Hidroponik, semoga saja,  wabah dan pengembanganya bisa banyak di terapkan di Lemahabang ini. " Jangan berfikir prospek dulu,  tapi pelajari dan praktekan hidroponik ini," Katanya. 


Peralatan membuat tanaman hidroponik ini sebut Ajud,  sangat mudah di dapat seperti pipa air PVC, PH Meter yang merupakan sebuah alat elektroik yang fungsinya adalah untuk mengukur pH atau derajat keasaman . Pengukuran pH ini ditentukan dengan menggunakan angka satu sampai dengan 14, dimana angka 7 itu menunjukkan pH netral. Sedangkan pada angka dibawah 7 sampai angka 1 itu menunjukkan kondisi asam dan juga angka diatas 7 sampai 14 adalah basa. Karena,  sebut Ajud. nilai pH larutan ini menentukan larut tidaknya unsur mineral, penyerapan akar tanaman dan sampai pada akhirnya bisa menentukan pertumbuhan serta perkembangan tanaman. Ditambahkannya,  selain PH,  media tanam juga bisa menggunakan Rock wol yang meiliki kelebihan dibandingkan dengan media yang lainnya, khususnya dalam hal perbandingan komposisi air dan juga udara yang bisa disimpan." minimal alat Pipa,  PH Meter,  Rockwoll,  Wick ini ada untuk pemula mmbuat tanaman hidroponik, " ujarnya.
Lebih lanjut Ajud menambahkan,  dalam setiap kali penyuluhan hidroponik,  brand Yang ia sampaikan adalah #Belikarawangbelikarawang,  artinya,  apa yang di inovasikan dan apa yang akan dihasilkan harus untuk masyarakat sekitar sendiri.  Seperti di Lemahabang,  mengapa tidak mengembangkan hidroponik  dan pembelinya juga masyarakat Lemahabang. Semakin banyak  hidroponik, ia bersyukur,  karena di luaran sana,  tak jarang dirinya memberikan pelatijan kerjasama dengan berbagai perusahaan terhadap karyawannya, di luar kota  dan daerah lainnya,  karena itu,  pasar hidroponik Karawang yang sudah masuk Technomart dan Transmart ini,  diharapkan bisa dipraktekan di rumah masing-masing,  minimalnya dengan peralatan sederhana dulu,  seperti bekas botol air mineral,  kain dan tambahan air serta nutrisinya. " Silahkan berinovasi dan selalu jadi yang spesial,  penyuluhan ini juga sebagai ajang iklan agar memberi manfaat bagi masyarakat, " Ujarnya. 


Tokoh masyarajat Lemahabang,H Dedeng Huzaeni mengatakan,  Hidroponik layak di kembangkan diyengah sempitnya lahan pekarangan rumah masyarakat dewasa ini.  Tanpa tanah dan hanya mengandalkan nutrisi dalam bentuk cair serta peralatan yang mudah didapat. Hidroponik ini, sangat membantu masyarakat memiliki tanaman sayuran secara mandiru tanpa harus risaukan lahan.  Ia apresiasi pelatihan yang produktif ini dan mengupayakan transfer ilmu pada ratusan siswa Mts An Nur untuk dikembangkan, minimalnya di sekolah." Pelatihannya produktif dan bagus,  saya siap mengembangkan, utamanaya di Mts bersama ratusan siswa, " Ucap Ketua Komite SMAN 1 Lemahabang ini. 

Berikut Kelebihan Tanam Hidroponik : 
* Penggunaan lahan lebih efisien
* Tanaman berproduksi tanpa menggunakan tanah
* Kuantitas dan kualitas produksi lebih tinggi dan lebih bersih
* Penggunaan pupuk dan air lebih efisien
* Pengendalian hama dan penyakit lebih mudah
Posting Komentar