KARAWANG-.Mayjen TNI Doni Monardo resmi menjabat Pangdam III/Siliwangi menggantikan Mayjen TNI Herindra, setelah sebelumnya ia memimpin Kodam XVI/Pattimura.

Serah terima jabatan kedua jenderal TNI itu dilangsungkan di maskas Kodam III/Siliwangi di Bandung, Jawa Barat.

Menurut siaran pers bagian Penerangan Kodam XVI/Pattimura, Rabu, menggantikan Doni Monadro sebagai Pangdam XVI/Pattimura adalah Mayjen TNI Suko Pranoto.

Dalam waktu yang sama juga terjadi pergantian pangdam di Kodam IV/Diponegoro dan Kodam V/Brawijaya. Mayjen TNI Wuryanto resmi menjabat Pangdam IV/Diponegoro menggantikan Mayjen TNI Tatang Sulaiman, dan Mayjen TNI Arif Rahman dipercaya menduduki Pangdam V/Brawijaya menggantikan Mayjen TNI Kustanto.

Serah terima Jabatan Pangdam dan sejumlah Pati AD lainnya tersebut berlangsung pada Selasa (14/11), dipimpin oleh Kepala Staf Angkatan Darat ( KASAD) Jenderal TNI Mulyono.

Perwira tinggi AD yang juga serah terima jabatan antara lain Danpuspenerbad dari Mayjen TNI Suko Pranoto kepada Brigjen TNI Besar Harto Karyawan, Gubernur Akmil dari Mayjen TNI Arif Rahman kepada Brigjen TNI Eko Margiyono, Danpusterad dari Mayjen TNI Hadi Prasojo kepada Mayjen TNI Hartomo, Aspam Kasad dari Mayjen TNI Ilyas Alamsyah kepada Brigjen TNI Muhammad Nur Rahmad, Aster Kasad dari Mayjen TNI Widagdo H. Sukoco kepada Brigjen TNI Supartodi serta Danpusintelad dari Brigjen TNI Herianto Syahputra kepada Kolonel Inf Djaka Budhi Utama.

Dalam amanatnya, Kasad mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada para pejabat lama atas pelaksanaan tugas selama mengemban amanah jabatan dengan segala pengabdian dan dedikasi yang begitu besar kepada TNI AD.

Kasad juga menyampaikan terima kasih kepada para istri yang selama ini telah mendampingi suami dengan tulus dan setia serta mendarmabaktikan diri untuk kemajuan Persit Kartika Chandra Kirana selama kepengurusannya.

"Kepada para pejabat baru saya juga mengucapkan selamat serta turut bersyukur dan berbangga atas penugasan, kepercayaan dan amanah jabatan baru yang didapatkan. Semoga serah terima jabatan ini dapat membawa dan mengantarkan satuan-satuan yang Jenderal pimpin ke arah yang lebih baik, lebih maju dan senantiasa dapat mempersembahkan karya terbaik untuk kepentingan pelaksanaan tugas-tugas TNI AD, TNI dan kejayaan bangsa dan negara yang sangat kita cintai ini," kata Kasad.

Ia menegaskan, pergeseran jabatan di lingkungan Angkatan Darat adalah bagian dari pembinaan personel, dimana Angkatan Darat memiliki tujuan dan cakrawala yang lebih luas?serta merupakan bagian dari sistem pembinaan organisasi guna pembaruan dan penyegaran pemikiran dalam rangka kemajuan organisasi," katanya.

Rotasi jabatan di lingkungan TNI AD juga menunjukkan bahwa Reformasi Birokrasi TNI AD terus berjalan seiring dengan meningkatnya profesionalitas Sumber Daya Manusia, nilai etika dan budaya kerja, kualitas pelayanan publik, kapasitas dan akuntabilitas kinerja di lingkungan jajaran TNI AD.

?Saya berharap kepada para pejabat yang baru agar kehadirannya dapat memberikan semangat baru untuk membangun dan meningkatkan kinerja organisasi serta membawa perubahan yang lebih baik," kata Kasad.

"Jangan pernah alergi untuk melanjutkan pencapaian positif yang telah ditorehkan oleh pejabat sebelumnya dan kembangkan gagasan-gagasan baru yang lebih konstruktif, kreatif dan inovatif," katanya menambahkan.