728x90 AdSpace

iklan
Sabtu, November 04, 2017

Media Massa Berbasis Internet, Peluang Atau Ancaman?

KARAWANG-Media massa berbasis internet yang beredar di Indonesia saat ini mencapai 43 ribu media. Berdasarkan data dari Dewan Pers, itu tersebar mulai dari ibu kota hingga kota-kota kecil di peloksok Indonesia. Jumlah media online sebanyak itu satu sisi menunjukan kebebasan tetapi di sisi lain bisa menjadi ancaman.(4/11/2017).
"Ini sekilas memang peluang bisnis setidaknya kalau media yang bersangkutan bisa meraih iklan. Tetapi di sisi lain ini bisa jadi sarana atau propaganda berita hoax dan informasi negatif yang tidak bertanggungjawab," ujar Teguh Santosa, Ketua Umum Pusat Serikat Media Siber Indonesia (SMSI)di Bandung.
Oleh karena itu menurut Teguh, organisasi perusahaan media siber diperlukan untuk ikut menjaga kualitas dari media itu sendiri.

"Berserikat itu utamanya adalah membentuk kekuatan bersama perusahaan media, terutama media online. Di dalam organisasi nantinya bisa ada bantuan advokasi dan bantuan peningkatan kualitas media yang dihasilkannya, agar bisa lebih dipertanggungjawabkan pada publik, tidak sekedar menjadi media abal-abal," cetusnya.

Sementara itu Ketua SMSI Jabar Hardiansyah mengatakan, di Jabar sendiri tengah disosialisasikan keberadaa SMSI untuk para pemilik media online terutama yang membuat portal berita. Menurutnya, di Kota Bandung saja sudah terdata sedikitnya 50 perusahaan media online.
  • Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Media Massa Berbasis Internet, Peluang Atau Ancaman? Rating: 5 Reviewed By: PELITA KARAWANG