Setiap 2 Menit Terjadi 3 Kelahiran di Jawa Barat

0
Bandung-Bila dirata-ratakan, setiap 2 menit di Jawa Barat terjadi 3 kelahiran. Hal itu diungkap narasumber dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Jawa Barat Iman Hikmat, Rabu (22/11).
“Jumlah penduduk Jawa Barat total 47 juta orang dengan laju pertumbuhan 1,8% per tahun, jadi dalam satu tahun terjadi 836 ribu kelahiran, jika dirata-ratakan setiap 2 menit terjadi 3 kelahiran di Jawa Barat,” papar Iman Hikmat.
Sukses tidaknya pembangunan, menurut Iman, sangat bergantung kepada penduduknya. Jika penduduknya banyak tapi berkualitas maka akan menjadi aset pembangunan.
“Akan tetapi sebaliknya jika penduduknya banyak tapi bermasalah atau kualitasnya buruk maka akan menjadi hambatan pembangunan,” lanjutnya.
Oleh karenanya pemerintah dalam program KB tahun ini menyasar pembentukan Kampung KB sebagai program nasional. Di setiap kecamatan di Indonesia, lanjut Iman, wajib membentuk 2 Kampung KB.
“Pemerintah dalam program nasional Kampung KB mewajibkan setiap kecamatan di Indonesia untuk membentuk 2 Kampung KB, dimana yang satu anggarannya dari pusat sedangkan satu lagi dari APBD,” ujarnya.
Akan tetapi pembentukan Kampung KB ini memiliki persyaratan tertentu. Dia menyebut, sesuai dengan arahan Presiden RI Joko Widodo, bahwa program nasional ini memprioritaskan kampung dengan kriteria tertentu.
“Sasaran Program Kampung KB yaitu memprioritaskan wilayah dengan kriteria daerah miskin, padat penduduk, kumuh, tertinggal dan berada di perbatasan,” pungkas Iman.

Posting Komentar