Silva pimpin Spanyol Hancurkan Kosta Rika

0

Malaga.-Gelandang Manchester City David Silva memainkan peran penting saat Spanyol memperlihatkan kelasnya untuk menghancurkan Kosta Rika dengan skor 5-0 pada pertandingan persahabatan yang dimainkan pada Sabtu (11/11).

Silva mencetak dua gol pada babak kedua untuk memperbesar keunggulan juara Piala Dunia 2010, setelah pemain Barcelona Jordi Alba membawa mereka memimpin pada menit keenam, dan Alvaro Morata menggandakan keunggulan mereka pada pertengahan babak kedua.

Gelandang veteran Andres Iniesta melengkapi pembantaian tim tamu dengan sepakan jarak jauh pada menit ke-73, meski terdapat kekhawatiran di bangku pemain cadangan Spanyol ketika Isco minta digantikan setelah mendapat tekel brutal dari Kendall Waston, meski gelandang Real Madrid itu terlihat tidak menderita cedera serius.

Pelatih Julen Lopetegui menurunkan tim dengan kekuatan nyaris penuh untuk pertandingan persahabatan pertama tim Spanyol sejak mengamankan posisi mereka ke putaran final Piala Dunia, dengan rekor kualifikasi grup yang hampir sempurna.

Ia mengistirahatkan kiper nomor satu David de Gea untuk memberikan kesempatan debut kepada kiper Athletic Bilbao Kepa, namun menurunkan kekuatan yang nyaris sama dengan tim yang melaju mulus di kualifikasi dengan mencatatkan sembilan kemenangan dari sepuluh pertandingan dan tetap tidak terkalahkan.

Lini tengah yang banjir talenta yakni Silva, Iniesta, Thiago Alcantara, dan Isco memastikan Spanyol memonopoli penguasaan bola di lini tengah, di depan para penonton yang memadati markas Malaga, Stadion La Rosaleda, untuk mengurung Kosta Rika.

Tim Afrika Tengah itu, yang mencapai perempat final Piala Dunia 2014 dan juga akan tampil di Rusia Juni mendatang, tidak diperkuat kiper Real Madrid Keylor Navas dan pelapisnya Danny Carvajal terbukti merupakan pengganti yang buruk, hanya mampu memberikan sedikit perlawanan terhadap gmpuran lini depan Spanyol.

Alba memanfaatkan umpan tarik untuk Silva untuk membawa Spanyol mengukir start sempurna, sedangkan sang kiper menjadi sosok yang bersalah untuk gol kedua, gagal mengantisipasi umpan silang Silva untuk kemudian membuat bola jatuh ke penguasaan Morata yang dengan cepat menyambar bola pantul.

Kosta Rika hanya memiliki satu peluang bagus sebelum turun minum, dan Spanyol tidak memperlihatkan belas kasih pada babak kedua. 

Silva memanfaatkan kekacauan di pertahanan Kosta Rika untuk mencetak gol pada menit keenam babak kedua, dan empat menit kemudian menguasai bola sebelum melepaskan sepakan mendatar melewati sela-sela Carvajal untuk kembali mengemas gol.

Carvajal melakukan kesalahan ketiganya di pertandingan dengan membiarkan tembakan jarak jauh melewati sela-sela tangannya, untuk menutup kemenangan impresif lain bagi Spanyol, yang akan menjati tim favorit untuk menjuarai Piala Dunia tahun depan.
Posting Komentar

ADVETORIAL

Kontak Redaksi

Nama

Email *

Pesan *