Suara Keras Terdengar dari Makam Manggung Jaya Karawang

0
Karawang,-Sudah menjadi agenda tahunan,  setiap tanggal 10 Rabiul Awal atau Mulud,  diperingati sebagai hari sakral perayaan Maulid Nabi dan haul hari jadi Karawang dalam hitungan hijriyah.Kegiatan yang difokuskan di Komplek makam Adipati Singaperbangsa tersebut,diminta prioritas dilakukan tahun ini.

Hal itu dikatakan Kepala Desa Manggungjaya,Dedi Embun.  Ditahun kemarin,  perayaan puncak maulid dan hari jadi Karawang dalam hitungan hijriyah memang tetap dilaksnakan di komplek makam Adipati Singaperbangsa.Namun,diakuinya,banjir keluhan dari para sesepuh desa,  sebab puncak di Manggung ini bukan menjadi prioritas oleh karena agenda yang biasanya cukup satu acara di Manggung,tetapi justru dirangkai dengan agenda yang lainnya,  seperti Bupati menghadiri kegiatan Maulid di Bayurlor dan ziarah dulu ke Maqpm syech Quro.Akibatnya  disisa waktu yang dimanfaatkan baru bertolak ke manggung, hal ini yang menurut para sesepuh kurang beretika, sebab, saat perayaan tahun kemarin jadi banyak angin, petir hingga hujan deras dan mati lampu hingga waktu magrib.Untuk itu,  sebut Dedi,ia berharap, tahun ini bisa clear prioritaskan Manggungjaya. " Jangan ada agenda lain,sesepuh meminta acara di Manggungjaya jadi prioritas utama, " Harapnya.

Senada dikatakan Kuncen Makam Adipati Singaperbangsa,  Ade Cahya.  Pihaknya sebelulan sebelumnya sudah bertemudengan pejabat Dinas Kebudayaan dan Pariwisata,  diantara keluhan yang disampaikannya sebut Ade, adalah agar Pemkab memprioritaskan perayaan Maulid Nabi itu di Manggungjaya,  adapun acara lain-lainnya seperti berziarah ke Maqom Syech Quro dan lainnya, dipersilahkan untuk menjadwal setelah perayaan Maulid usang dilaksanakan di Manggungjayam hasilnya,  sebut Ade, Disbudpar menyepakatinya.Ia berharap,perayaan maulid di Manggungjaya saat ini benar-benar prioritas. " kita sudah diskusikan dengan Disbudpar,  hasilnya insya Allah,  ziarah di Makam Manggungjaya jadj prioritas. "ujarnya.
Posting Komentar