Istanbul ,- Klub Turki Besiktas selangkah lagi maju ke 16 Besar Liga Champions setelah seri 1-1 Kamis dini hari ini melawan tamunya AS Monaco yang membuat klub itu memuncaki Grup G dengan 10 poin dari empat kali bertanding.

Besiktas akan maju ke babak knockout untuk pertama kalinya jika perigkat kedua grup RB Leipzig yang mengemas empat poin, mengalahkan Porto.

Porto sendiri baru mengoleksi tiga poin, sedangkan Monaco yang menjadi juara liga Prancis dan juga semifinalis Liga Champions musim lalu, menjadi juru kunci dengan baru mencetak dua poin untuk berada di ambang tersisih dari kompetisi elit sepak bola Eropa ini.

Mendapat dukungan penuh dari penggemarnya di ibu kota Turki itu, Besiktas menekan Monaco sejak awal pertandingan. Tetapi tim tamu yang justru melewatkan dua peluang emas sebelum akhirnya mencetak gol pada babak pertama.

Rony Lopez membungkam Besiktas saat menaklukkan penjaga gawang Fabri dengan tendangan melengkung dari jarak 20 meter setelah kiper tuan rumah itu mementalkan dua peluang gol Monaco lewat striker asal Portugal dan gelandang asal Belgia Youri Tielemans.

Besiktas akhirnya mendapat ganjaran manis dari serangan tidak hentinya pada menit 54 setelah bek kiri Monaco Jorge menjatuhkan Ricardo Quaresma di kotak penalti. Cenk Tosun sukses menjadi algojo untuk menaklukkan kiper Danijel Subasic.

Monaco hampir mengembalikan keunggulan pada menit 75 saat sundulan Andrea Raggi dihalau Oguzhan Ozyakup. Kedua tim saling serang pada sepuluh menit terakhir, namun tidak ada lagi gol tercipta. Striker Monaco Balde Keita menyianyiakan dua peluang emas.

Hasil ini memperpanjang rekor tak terkalahkan Besiktas di kandangnya dalam kompetisi Eropa menjadi 12 pertandingan. Namun mereka gagal meneruskan catatan lima kali menang berturut-turut, demikian Reuters.

Sumber:Antara