Tol Becakayu Dibuka Gratis Dua Minggu

0
Bekasi - Seksi 1B dan 1C dari ruas Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) sudah diresmikan pengoperasiannya oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ruas tol yang terhubung dimulai dari Cipinang, Jakarta Timur hingga Jakasampurna di Bekasi Barat dan sebaliknya.

Direktur Utama Waskita Karya, M Choliq mengatakan, ruas ini akan mulai dibuka untuk umum pada Sabtu besok, dan akan digratiskan hingga dua minggu ke depan hingga Surat Ketetapan (SK) tarif tol dari Menteri PUPR diterbitkan.

"Dua minggu gratis sampai Permen PU soal tarifnya keluar. Tapi kira-kira nanti dua minggu lagi sudah final Permen PU nya," katanya saat ditemui di ruas Tol Becakayu, Bekasi, Jumat (3/11/2017).

Namun demikian, Choliq menolak untuk memastikan berapa tarif ruas tol yang sudah diinisasi pembangunannya sejak tahun 1995 ini. Yang pasti, ada perubahan tarif dari PPJT awal yang sudah ditandatangani oleh Waskita.

"Saya enggak hafal (tarifnya), ini masih amandemennya (perubahan tarif dari PPJT awal), belum saya terima. Jadi nanti tarif barunya dalam amandemen sebelum ditetapkan," ucapnya.

Adapun untuk seksi 1A dari jalan DI Panjaitan ke Cipinang sepanjang 3,19 km saat ini progres pengerjaan fisiknya sebesar 55,15% dengan pengadaan lahan 79%. Seksi ini ditarget rampung pada April 2018. 

Sedangkan seksi II A dan II B dengan panjang total 12 km belum ada pekerjaan fisik dan pengadaan lahan, namun ditarget bisa beroperasi masing-masing pada 2018 dan 2019.

Tol Becakayu akan terkoneksi dengan Tol Wiyoto Wiyono dan Tol Lingkar Luar Jakarta (JORR) sehingga waktu tempuh bagi warga Kota Bekasi yang menuju Jakarta sekitar dua jam perjalanan, diharapkan menjadi lebih singkat menjadi sekitar satu jam setengah perjalanan. (eds/dna).

Sumber: detik.com