Udunan Warga Untuk Ridwan Kamil

0

Bandung-.Relawan Jabar Juara akan menggalang dana untuk membantu Ridwan Kamil di Pilgub Jabar 2018 mendatang. Rencananya penggalangan dana yang diberinama 'Udunan Warga' (UW) ini akan dimulai minggu depan.Koordinator Relawan Jabar Juara Hanief Mochamad mengungkapkan ongkos politik untuk menghadapi Pilgub Jabar tidaklah murah. Ridwan Kamil yang bukan seorang konglomerat akan kesusahan bila tidak dibantu oleh aksi yang melibatkan publik. 
"Untuk logistik (dana) satu keniscayaan untuk melakukan ikhtiar politik. Biaya mahal untuk Ridwan Kamil yang bukan konglomerat, sangat susah. Untuk itu akan ada bantuan sebuah sistem (penggalangan dana) agar transparan secara akuntabel juga bisa dilaporkan ke KPU," kata Hanief, dalam konferensi pers, di Hotel Hemangini, di Jalan Setiabudi, Kota Bandung, Minggu (12/11/2017). 


Hanief mengungkapkan upaya penggalangan dana ini sudah dikonsultasikan kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dari hasil konsultasi itu, KPK tidak mempermasalahkannya selama ide dan inisiatifnya berasal dari relawan. 

"Udunan warga ini salah satu inovasi. Ini pertama kali. Kita juga sudah konsultasi dengan KPK. Kata KPK bukan gratifikasi yang penting keluar dari relawan bukan Kang Emil (Ridwan Kamil). Pak Emil tidak akan pernah meng-endorse tentang kegiatan ini," ujar Hanief. 

Konsep dari Udunan Warga sendiri Hanief menjelaskan, setiap warga berhak memberi sumbangan minimal Rp10 ribu sampai Rp750 juta sesuai dengan aturan yang berlaku. Warga yang akan menyumbang bisa mengakses website www.jabarjuara.id. 

"Kami tidak menerima transaksi tunai, agar pendataannya jelas dan transparan. Kami hanya menerima transasi melalui kartu debit, kartu kredit, atau setoran tunai melalui bank," ucap Hanief. 

Hanief menambahkan, dana yang terkumpul nantinya akan digunakan untuk sosialisasi dan honor untuk para saksi di TPS nantinya. Pihaknya memperkirakan jumlah saksi yang dibutuhkan mencapai 150 ribu orang dengan kebutuhan biaya kurang lebih Rp6 miliar. 

Untuk diketahui, Relawan Jabar Juara sendiri adalah kumpulan dari 12 simpul relawan pendukung Ridwan Kamil. Tadi siang mereka berkumpul dan mendeklarasikan siap mendukung Ridwan Kamil di Pilgub Jabar. 

Hadir dalam acara deklarasi dan konsolidasi ini simpul relawan yang datang dari 27 kabupaten/kota. Mulai dari BARKA, BARMIL, Fostarika, Jabarkabakti, Jakamuda, RKJBR SGP Center, TRENDRK, MADRID, SRIKANDI BARKA dan CWC. 

Sumber:detik.com
Posting Komentar