Jakarta.- Siklon tropis Dahlia diprediksi terus bergerak di daratan Indonesia hingga 3 Desember 2017, demikian disampaikan Deputi Meteorologi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Prabowo Mulyono.
Waspada, Siklon Dahlia hingga 3 Desember“Siklon Cempaka melemah sejak 29 November 2017 sore, tadi pagi sudah punah. Untuk Siklon Dahlia minimal sampai 3 Desember masih ‘exist’," kata Prabowo saat dihubungi Antaranews di Jakarta, Kamis.
Prabowo memaparkan, Siklon Dahlia saat ini berada di 400 kilometer di Jawa bagian Barat dengan intensitas kategori 1, yang ditandai dengan kecepatan angin 65 km per jam.
BMKG memprediksi, Siklon Dahlia akan bergerak ke arah timur menyusuri Pantai Selatan dan intensitasnya akan meningkat menjadi kategori 2 dengan kecepatan angin 85 km per jam dalam 24 jam.
Beberapa daerah diperkirakan akan terdampak siklon tersebut, di antaranya Lampung, Jawa bagian Barat, Jawa bagian Selatan, Bengkulu Selatan dan di pesisir pantai Jawa Timur.
“Selain angin, daerah-daerah tersebut akan terkena dampak seperti pertumbuhan awan, hujan skala sedang hingga lebat,” ujar Prabowo.
Kemudian, di daerah perkotaan perlu diwaspadai adanya banjir, pohon tumbang dan longsor di dataran tinggi.
Menurut Prabowo, Siklon Dahlia akan bergerak menjauhi wilayah Indonesia ke arah selatan, masuk ke bagian Utara Perth dan hilang di daratan Australia pada 3 Desember.