Bansara Dua Tahun Lalu Muncul Lagi Tahun Depan

0
Karawang, - Kabar gembira bagi pengurus sarana keagamaan,  pasalnya,  Bantuan Sarana Keagamaan (Bansara) yang diajukan tahun 2014 lalu,  bakal direalisasikan dianggaran perubahan tahun 2018 mendatang.  Selain Calon Penerima dan Calon Lokasi (CPCL)  dan Pagu yang sudah tertera,  bantuan rehab Musala,  Majelis Taklim dan sejenisnya itu sudah diverifikasi bagian Kesra baru-baru ini. 

Kasie Kesos Kecamatan Cilamaya Wetan, Amir mengatakan,  pengajuan Bansara yang ditahun 2014 belum menikmati pencairan karena di Stop setelah edaran Kemendagri,  akhirnya dibuka kembali kerannya oleh Pemkab Karawang.  Sebab,  Bansara yang ajuan tahun 2014 lalu itu tidak harus mengajukan lagi,  karena Bagian Kesra sudah memverifikasinya baru-baru ini.  Hanya saja,  sebut Amir,  pencairan Bansara bagi ajuan 2014 ini tidak dianggarkan di Anggaran murni tahun 2018, melainkan di anggaran perubahan tahun 2018 atau ABT.  Pihaknya menepis anggapan kesibukan para pegawai desa dan pengurus sarana keagamaan adalah untuk pengajuan ulang,  tetapi untuk verifikasi memastikan Calon Penerima dan Calon Lokasi (CPCL)  yang sebelumnya ditahun 2014 juga sudah tertera. Karenanya, verifikasi ini dilakukan untuk memastikan kebutuhan yang sesuai dalam ajuan 2014 lalu.  " Bansara ajuan 2014 akan cair tahun depan di perubahan, bagian Kesra sudah memverifikasinya, " Katanya. 

Ketua Komisi A DPRD Karawang,  Ir Teddy Luthfiana mengapresiasi upayanya dan rekan DPRD agar Pemkab berani kembali membuka Bansara direspon.  Karena, di Kabupaten lain sudah berlangsung. Bansara ini diakui Teddy,  menjadi hal penting bagi masyarakat,  karena selama reses,  selain keluhan infrastruktur jalan,  masyarakat juga banjir keluhan sarana keagamaan seperti rehab Musala, Majelis taklim dan rehab masjid.  Hasilnya, itu dibuka lagi,  walaupun nanti dianggarkan di ABT,  sebab dianggaran murni tahun depan untuk Bansara misalnya, tidak ada. Namun,  pihaknya tidak sepakat kalau Bansos untuk ekonomi digulirkan seperti kelompok-kelompok usaha dan sejenisnya,  karena masih rentan fiktif,  untuk itu,  lebih utama Bansara dan Hibah digulirkan lagi tahun depan. "Syukur deh ada lagi Bansara,  ya walaupun tahun depan di ABT, " Katanya. 

Penulis : Ruri
Posting Komentar