Madrid - El Clasico di Santiago Bernabeu tuntas dengan kemenangan untuk Barcelona lewat skor 3-0 atas Real Madrid, yang juga menyudahi laga dengan 10 pemain.

Pertandingan di jornada 17 La Liga, Sabtu (23/12/2017) malam WIB, berlangsung sengit. Madrid sebagai tuan rumah dan Barca selaku tim tamu terlibat jual beli serangan, walaupun babak pertama masih berakhir 0-0.

Gol baru lahir di menit ke-54, lewat gol dari Luis Suarez. Di menit ke-63, Madrid harus main dengan 10 orang usai Dani Carvajal dikartu merah. Setelah itu Barca juga menambah keunggulan lewat eksekusi penalti Lionel Messi. Aleix Vidal membuat skor jadi 3-0 di injury time.

Untuk Barca, hasil ini mengokohkan posisi Messi cs di peringkat teratas klasemen La Liga dengan 45 poin dari 17 laga. Madrid sendiri berada di posisi keempat dengan 31 poin dari 16 pertandingan.

Gawang Barca bergetar di menit ketiga. Kiriman bola dari Toni Kroos dilanjutkan Casemiro lalu Ronaldo, untuk menjebol gawang tim tamu. Tapi gol tak sah karena wasit menilai adanya offside.

Ronaldo membuang peluang emas buat Ronaldo di menit ke-10. Toni Kroos melakukan penetrasi di sisi kiri lalu mengirim bola ke Ronaldo yang berdiri bebas di kotak penalti. Tapi sepakan kaki Ronaldo sama sekali tidak mengenai bola!

Madrid berusaha melakukan serangan balik cepat setelah Luka Modric memotong operan lawan dan kemudian berlari kencang ke arah area Barca di menit ke-19. Larinya dihentikan tekel Thomas Vermaelen yang kemudian diacungi kartu kuning.

Kiper Madrid Keylor Navas membuat penyelamatan di menit ke-30. Lionel Messi melambungkan bola untuk Paulinho, yang melanjutkan dengan sontekan jitu walaupun bola masih bisa ditepis Navas.

Tak lama berselang, gantian Madrid yang mengancam. Kiper Barca Marc-André ter Stegen berhasil membelokkan arah bola sepakan Ronaldo dari sisi gawangnya.

Ronaldo lolos dari jebakan offside di menit ke-34 untuk mengawali serangan balik cepat. Ia kemudian mengirim bola ke tengah, ke arah Karim Benzema yang dikawal Gerard Pique dan Ivan Rakitic, walaupun peluang ini pada akhirnya tak membuahkan apa-apa.

Navas membuat penyelamatan krusial di menit ke-39. Bola hasil sundulan Paulinho, usai menyambut umpan Messi, tampak menuju pojok gawang bawah Madrid tapi Navas masih mampu menepisnya.

Tiga menit kemudian giliran Madrid yang memiliki peluang. Di depan gawang Barca, Benzema berhasil menanduk bola walaupun si kulit bundar pada akhirnya cuma mengenai tiang gawang saja.


Babak kedua langsung diawali dengan ritme yang sama seperti di babak pertama. Ronaldo melepaskan tembakan yang belum tepat sasaran dan kemudian giringan bola Suarez dikandaskan oleh Navas.

Peluang berikutnya dimiliki oleh Suarez. Penetrasi Jordi Alba di sisi kiri di menit ke-52 diakhiri dengan operan ke arah Suarez. Ia melanjutkan dengan tembakan tapi arahnya masih mengirim bola tepat ke pelukan Navas.

Dua menit berselang Suarez tak membuang peluang. Berawal dari operan Ivan Rakitic ke Sergi Roberto di kanan, bola pada akhirnya dioper ke Suarez yang mengakhiri serangan cepat ini untuk bikin Barca unggul 1-0 di menit ke-54m

Tiga menit kemudian Barca memiliki peluang lagi. Diawal lari kencang Messi, bola lalu dioper ke arah Suarez di sisi kanan. Tapi sepakan Suarez kali ini cuma mengenai sisi luar gawang Madrid.

Banyak kejadian terjadi di menit ke-63. Pertama ada penyelamatan apik Navas dalam menghadang bola sepakan Suarez, kemelut lalu terjadi yang berujung pada insiden handball Dani Carvajal menepis bola.

Carvajal kemudian dikartu merah dan wasit menunjuk titik putih. Messi mengeksekusi penalti dengan sempurna untuk membuat Barca unggul 2-0.Madrid mengklaim penalti di menit ke-74 setelah merasa Busquets menyentuh bola.Tapi wasit tidak sependapat.

Di menit ke-78, Ter Stegen membuat penyelamatan penting dengan menangkap bola tendangan Gareth Bale yang berada tepat di depan gawangnya. Sebelum itu ada aksi Thomas Vermaelen memotong usaha Asensio mengirim umpan silang.

Empat menit kemudian Ter Stegen kembali mementahkan serangan Madrid usai memblok tembakan Ramos di tiang dekat. Bola terkena bahu Ter Stegen dan melontar keluar lapangan.

Aleix Vidal, yang baru masuk jadi pemain pengganti, kemudian menutup pesta Barca di markas Madrid lewat golnya usai menyambut umpan Messi. Barca menang 3-0.

Susunan Pemain :

Real Madrid: Navas, Carvajal, Varane, Ramos, Marcelo, Casemiro (Asensio 72'), Modric, Kroos, Kovacic (Bale 72'), Ronaldo, Benzema (Nacho 66') 

Barcelona: Ter Stegen, Roberto (Aleix Vidal 92'), Pique, Vermaelen, Alba, Busquets, Rakitic, Iniesta (Semedo 76'), Paulinho (André Gomes 84'), Messi, Suarez