Dana Revitalisasi Cair,Kader Posyandu Diingatkan Buat SPJ

Karawang-.Dana Revitalisasi kader Posyandu dan Kelompok Kerja Pelayanan (Pokjanal) Desa,  mulai cair Rabu lalu 21/12. Dana hibah yang bersumber dari APBD Provinsi Jawa Barat tersebut sudah di pindah bukukan dari Pokjanal Kabupaten
Ke masing - masing Pokjanal Desa dan Posyandu.

Sekdes Karyamukti Kecamatan Lemahabang,  Jaenudin mengatakan,  dana Posyandu berupa hibah dan Pokja sudah bisa di cairkan di BJB per Rabu ini.  Dana itu,  diperuntukan bagi anggota dan Kader Posyandu yang masing-masing sekitar 5 orang.  Di Karyamukti sendiri sebut Jaenudin,  ada 6 Posyandu dan sudah mencairkan dana hibah dari Pemprov Jawa Baray tersebut.  Namun,  meskipun sifatnya hibah,  tetap harus dipertanggingjawabkan melalui SPJ, hanya saja ia pesimis jika SPJ dibebankan kepada para kader Posyandu,  karenanya pada akhirnya tetap dikerjakan oleh Pemerintah Desa,  tinggal menyesuaikan dengan RAB dari program sebelumnya." Karena program dan hibah,  jadi ya tetap harus dipertanggungjawabkan,  ujungnya ya Desa juga yang membuat," Ujarnya.

Kata Kasie Kesoa Kecamatan Cilamaya Wetan,  Amir, sekitar 60 Posyandu dan 12 Pokja Desa sudah bisa menikmati pencairan dana hibah dari Pemprov terhitung Rabu ini di BJB.  Masing-masing besarannya untuk Posyandu adalah Rp 1,75 juta dan Pokja Rp 1 Juta. Menyusul, ketua pokjanal posyandu tingkat Kabupate n sudah di pindah bukukan dark rekening pokjanal posyandu kabupaten ke masing-masing rekening pokjanal posyandu tingkat kecamatan, karenanya,  sebelumnya Diminta kepada ketua pokjanal posyandu tingkat kecamatan se karawang agar dpt menindaklanjuti pencairan di BJB terdekat denan terlebih dahulu membuat surat permohonan pencairan, sebagaimana contoh surat seperti dalam juknis."  Pencairan dan pindah buku sudah dapat dilakukan pada hari rabu tgl 20 desember 2017 di BJB terdekat dengan membawa surat seperti point-poin sebelumnya,  " Katanya. 

Amir menambahkan,  mulai hari rabu 20 desember 2017 ini dana tersebut sudah dapat dicairkan. Namun ia ingatkan,  bahwa paska pencairan,  para Kader di masing-masing Posyandu dan Pokja agar sigap menyusun surat pertanggungjawabannya. Jangan sampai,  mudah saat pengajuan dan semangat saat pemindahan buku dan berkas,  tetapi justru sulit dalam hal pembuatan SPJ.  Untuk itu,  demi keberlangsungan bantuan Posyandu tahun ini dan tahun depan,  diharapkan memang semua kader untuk fokus SPJ paska pencairannya. " Dana sudah cair,  jangan lupa SPJ nya,  jangan malas membuatnya, " Ungkap Amir.
Posting Komentar