GOW Kabupaten Karawang Mengadakan Pelatihan Wirausaha Membatik

0

KARAWANG-.Gabungan Organisasi Wanita (GOW)  Kabupaten Karawang melaksanakan pelatihan membatik dengan tema"Pemberdayaan Perempuan One Village Product".Pelatihan membatik satu hari ini dengan peserta sebanyak 50 orang dari Kelurahan Karawang Kulon dan Palumbomsari, Rabu 6 Desember 2017 bertempat di Balai Batik Taza Jalan KH Ahmad Dahlan No.20 Kaum Karawang.

Program kerja dari GOW ini dibuka langsung Sekretaris Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kabupaten Karawang,Nina Rajina.

Ketua pelaksana pelatihan membatik, Hj Suleha Ahmad, mengatakan kegiatan ini merupakan program kerja GOW 2017."Tujuan kegiatan untuk pemberdayaan perempuan dalam wirausaha," ujarnya.

Ditambahkan Ketua GOW Kabupaten Karawang, Hj Istiqomah, pelatihan ini bekerjasama dengan dinas pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, sehingga memberikan bantuan demi suksesi acara ini.

Menurutnya,  dengan ilmu membatik bisa menciptakan wirausaha sendiri untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Pelatihan yang dilakukan mulai dari teori yang dijelaskan narasumber ahli membatik menjelaskan dan perkenalkan batik dan alat-alat membatik.

"Setelah menjelaskan teori oleh narasumber kita langsung lakukan prakteknya sampai peserta faham mengenai cara membuat batik," katanya.

Ia mengharapkan dengan pelatihan yang singkat dapat bermanfaat ilmunya dan bisa di praktekan membuat batik di lingkungan masing-masing.

"Karena membatik diperlukan ketelatenan, ketekunan dan mau belajar. Melalui pelatihan ini dapat bermanfaat," harapnya.Nina Rajina, Sekretaris DP3A, secara simbolis memberikan bantuan alat pembuatan batik. Pihaknya mewakili kepala dinas menyampaikan   kerberadaan GOW banyak perhatian serta kepedulian kepada sesama.

Terutama dalam bidang pemberdayaan perempuan maupun sosial kemasyarakatan lainnya. "Sudah saatnya kita tidak hanya fokus infrastuktur.Tetapi kita lakukan perdayaan ekonomi. Salah satunya pelatihan membatik merupakan gerakan sosial tumbuh bawah keatas yang didasari ide ingin mengembangkan potensi daerah," kata Nina.

Peran pemerintah daerah membantu potensi yang sudah ada agar lebih baik dan berkembang. Melalui para tokoh lokal daerah dijadikan panutan bagi masyarakat supaya membangun daerahnya."Kegiatan ini tidak akan sukses tanpa ada dukungan berbagai pihak. Kami atas nama  pemerintah daerah mengucapkan terimaksih kepada jajaran pengurus gabungan wanita dan semua pihak yang terlibat. Selamat dan sukses pelatihan membatik ini agar Karawang maju, mandiri dan makmur," tandasnya.
Posting Komentar