Jakarta - Kereta bandara Soekarno Hatta mulai diujicoba hari ini. Begini cara beli tiketnya.

Penumpang bisa membeli tiket lewat 3 cara, yaitu di stasiun lewat vending machine, lewat aplikasi yang bisa diunduh di ponsel, juga di website resmi railink yaitu di https://reservation.railink.co.id/.

Jika ingin membeli langsung di stasiun lewat vending machine, pertama-tama yang harus dilakukan adalah memilih menu booking tiket. Setelah itu, penumpang harus mengisi pilihan stasiun tujuan. Jika berangkat dari Stasiun Sudirman Baru atau BNI City, stasiun tujuan yang tersedia sementara yaitu stasiun Batu Ceper dan Stasiun Soekarno Hatta International Airpot (SHIA). Kemudian penumpang pilih jam keberangkatan dan lihat ketersediaan tiket.

Bila telah selesai, langkah selanjutnya penumpang diwajibkan mengisi biodata yang terdiri dari nama, no telepon dan email. Harus diperhatikan, dari pengamatan detikFinance di lapangan, biodata ini wajib diisi karena bila tidak nanti akan terkendala pada proses selanjutnya.

Kemudian penumpang harus memilih mode pembayaran. Ada tiga mode pembayaran yang tersedia, yang seluruhnya dengan cara non tunai yaitu debit, kredit dan uang elektronik.

Setelah pembayaran dinyatakan sukses, tiket akan keluar lengkap dengan nomor dan barcode. Saat memasuki gerbang peron, tiket tersebut harus di-scan sehingga gerbang terbuka dan tiket tersebut ke gerbang yang sudah dilengkapi scanner dan penumpang dipersilakan untuk naik kereta.

Tak beda jauh dengan cara pembayaran yang dilakukan lewat aplikasi atau website.

Diketahui, harga tiket Rp 30.000 per penumpang adalah harga promo yang berlaku mulai hari ini hingga 1 Januari 2018 nanti. Tanggal 2 Januari 2018, tiket akan berlaku harga normal yaitu Rp 70.000.