Jakarta. Aparat Kepolisian Republik Indonesia (Polri) dibantu TNI dan unsur pemerintah daerah konsentrasi mengamankan obyek wisata pada hari kedua usai perayaan Natal.

"Konsentrasi sekarang (hari kedua usai Natal) kami pada obyek wisata, pelabuhan, stasiun, bandara dan pusat perbelanjaan," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigadir Jenderal Polisi M Iqbal di Jakarta Selasa.

Iqbal mengatakan Polri menyebar sejumlah personel dibantu TNI dan masyarakat untuk menjaga dan mewaspadi potensi gangguan keamanan.

Iqbal mencontohkan obyek wisata di wilayah DKI Jakarta seperti Kebun Binatang Ragunan, Taman Impian Jaya Ancol dan Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

"Polri hadir di tengah masyarakat tidak hanya momentum kejadian tapi saat tidak ada kejadian juga hadir," tegas Iqbal.

Saat ini, Iqbal menuturkan arus lalu lintas di Jakarta dan sekitarnya dalam kondisi lengang karena dampak dari pengendara yang menuju luar kota seperti Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Namun ada titik kemacetan lalu lintas saat liburan Natal dan Tahun Baru seperti Nagreg, Cikopo, pintu tol menuju Pantura, jalur Pantai Selatan.

Iqbal memperkirakan arus balik liburan Natal mulai Selasa (26/12) malam namun jumlah kendaraan belum puncaknya.

Menurut Iqbal, puncak arus balik diprediksikan pada 1 Januari 2018 usai masyarakat melaksanakan liburan Natal dan Tahun Baru.

Polri, TNI dan pemerintah daerah telah berkoordinasi menempatkan personel dan strategi mengalihkan arus kendaraan saat terjadi kemacetan.