Jatim – Pasangan calon Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak mendapatkan tambahan sokongan politik dalam Pemilihan Gubernur Jawa Timur 2018. Tiga partai politik sudah klik dan akan menyusul Demokrat, Golkar, dan Hanura yang sudah mengeluarkan rekomendasi untuk duet itu.

Tiga partai yang segera mengeluarkan rekomendasi Khofifah-Emil itu ialah Nasdem, Partai Persatuan Pembangunan atau PPP, dan satu partai nonparlemen yang baru lolos verifikasi, yakni Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia atau PKPI.

"Kami sudah dapatkan konfirmasi dari tiga parpol itu. PKPI juga sudah kami konfirmasi, meskipun belum punya kursi untuk tingkat I pada pemilu 2014, tapi tetap akan men-declare ke saya dan Pak Emil," katanya di sela acara Muslimat Nahdlatul Ulama di GOR Lamongan, Jawa Timur, pada Sabtu malam, 30 Desember 2017.

Pernyataan Ketua Umum Muslimat NU itu menjawab pertanyaan sejumlah pihak soal retaknya komunikasi antara Khofifah dengan Nasdem. Diketahui, Nasdem adalah partai pertama yang secara terbuka mendukung Khofifah, sejak Emil Dardak belum dipilih sebagai pasangan untuk bakal calon wakil gubernur.

Bagaimana dengan Partai Amanat Nasional yang sejak awal disebut-sebut juga akan bergabung? "Kami komunikasi sangat intensif untuk PAN. Tapi yang sudah saya dapat konfirmasi langsung dari masing-masing ketua umum adalah Demokrat, Golkar, PPP, Nasdem, Hanura serta PKPI. Insya Allah mereka juga akan me-launching dukungan pada pasangan Khofifah-Emil," ujar Khofifah.

Selain partai, Khofifah juga menguatkan elemen lain dan relawan yang tersebar di Jatim. Tentu saja kekuatan politik nonpartai yang diharapkan ialah Muslimat NU. "Elemen di mana saya menjadi pimpinan organisasi di dalamnya yakni Muslimat NU. Maka saya akan maksimalkan konsolidasi dengan jajaran pimpinan Muslimat NU," katanya.

Khofifah enggan menjawab banyak ketika ditanya soal Gerindra. Informasi mencuat, Gerindra berupaya membangun koalisi baru untuk Pilgub Jatim dengan PAN dan PKS. Pimpinan tiga partai itu sempat bertemu beberapa waktu lalu dan sepakat berkoalisi di Pilkada daerah lain, di luar Jawa Timur yang masih tunda keputusan.

Pesaing kuat Khofifah-Emil ialah pasangan calon Saifullah Yusuf alias Gus Ipul-Abdullah Azwar Anas, yang sementara ini diusung Partai Kebangkitan Bangsa-Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan. PKS disebut-sebut bakal bergabung dengan koalisi menamakan diri koalisi merah putih itu.