Jawa Barat.- Operator jalan tol Cikopo-Palimanan PT Lintas Marga Sedaya memprediksi libur Natal dan Tahun baru akan membuat volume lalu lintas di jalan tol ini naik 10 persen.

"Lalu lintas diprediksi naik sepuluh persen dari tahun lalu dengan puncaknya sebesar 62.112 kendaraan," kata General Manajer PT LMS Suyitno di Cirebon, Rabu.

Suyitno menyatakan akan menempuh beberapa langkah untuk mengantisipasi kepadatan dengan menyiapkan gardu tol dengan kapasitas maksimal 25 gardu, dan penyediaan layanan untuk transaksi bersaldo kurang pada lajur paling kiri di gardu K 33.

"Selain itu kami juga akan menjual uang elektronik dan top up di gerbang tol serta rest area bekerjasama dengan bank," kata Suyitno.

Manajemen jalan tol ini juga akan menyiapkan lajur contraflow dan one way bila diperlukan di bawah koordinasi dengan polisi, selain menambah fasilitas rest area, seperti toilet mobile, sampah, keamanan dan semua yang menunjang perjalanan selama liburan panjang akhir tahun nanti.

"Semua pekerjaan di jalur pada tanggal 23 Desember 2017 sampai dengan 2 Januari 2018 akan dihentikan," kata dia.

Juga, akan disiapkan tambahan parking bay di Km 153A/155B dan pembuatan pos pengamanan. "Kami juga menambah personel pendukung dan satgas darurat," kata dia.