Libur Panjang Tol Cikampek Macet Parah, Contra-Flow Diberlakukan


KARAWANG-.PT Jasa Marga memberlakukan rekayasa lalu lintas contra flow atau lawan arah sepanjang 15 kilometer Tol Jakarta-Cikampek, Jumat siang, untuk mengurai kemacetan libur panjang yang bertepatan dengan Maulid Nabi Muhammad 1438 Hijriyah.

"Contra flow dimulai dari KM33+600 sampai dengan KM48 arah Cikampek," kata AVP Corporate Communication PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Dwimawan Heru di Bekasi, hari ini.

Rekayasa dibuka mulai pukul 11.10 WIB dengan diskresi polisi dari Polda Metro Jaya. Petugas lapangan mengarahkan kendaraan dari arah Jakarta menuju Cikampek ke jalur lalu lintas kendaraan arah sebaliknya di sekitar perbatasan Cikarang, Kabupaten Bekasi dengan Karawang.

Petugas membuka median jalan dan mengarahkan kendaraan memasuki koridor contra flow satu lajur yang dibatasi dengan kerucut lalu lintas, sedangkan jalur arah Jakarta yang semula empat lajur dikurangi menjadi tiga lajur.

Dwimawan mengakatan, volume lalu lintas pada puncak arus mudik Libur Maulid Nabi 2017, Kamis siang, mencapai 79.182 kendaraan atau meningkat 11 persen dari kondisi normal 71 ribu kendaraan.

"Kenaikan volume lalin hari ini masih di bawah prediksi. Hal tersebut terjadi akibat adanya gangguan lalu lintas di lajur jalan tol yang terjadi pada siang hari sehingga pengguna jalan tol cenderung menggunakan jalur alternatif," kata Dwimawan.

Pada malam hingga dini hari tadi peningkatan volume lalu lintas. "Hari ini diprediksi masih akan terjadi peningkatan volume lalu lintas pada Jalan Tol Jakarta-Cikampek melalui GT Cikarang Utama, 86 ribu kendaraan diprediksi akan melintas atau meningkat 15 persen dari volume lalu lintas normal sebanyak 74 ribu kendaraan," kata dia.
Posting Komentar