Raden Singaperbangsa Diyakini Peziarah Kubur Luar Karawang Adalah Pejuang Islam

0
Karawang.-Kamis malam Jumat (30/1),suasana di komplek pemakaman Bupati Karawang yang terletak di Dusun Manggung Desa Manggung Jaya Kecamatan Cilamaya Kulon,dijejali oleh jamaah yang datang dari berbagai pelosok asal bumi Pangkal Perjuangan,bahkan ada yang datang dari Purwakarta,Subang,Bekasi,Indramayu,Cirebon termasuk Ibu kota Jakarta.
Kehadiran mereka rata-rata sebutkan niat berzairah selain dalam rangka sambut I Mulud yang jatuh pada Jumat Kliwon.Ini perjalanan ritual tahunan yang jarang terjadi.Pasalnya satu mulud sekarang jatuh pada Jumat Kliwon,sebut Anjar warga Jakarta.Saya datang Cinire bersama rombongan,jelas dia.

Hadirnya kami disini selain ingin berzairah kepada leluhur Karawang juga berharap menambah wawasan tentang perjalanan masa lalu para pejuang Islam di tanah Jawa,ungkapnya.

Karena diyakini Raden Singaperbangsa adalah keturunan Mataram yang beragama Islam taat dan pejuang sejati,tambahnya.

Masih ditempat yang sama,Umar warga asal Purwakarta.Ia sama menyakini leluhur Karawang adalah satu dengan Purwakrta dimasa lalu dalam memperjuangkan Islam dan kemerdekaan.Maka hadirnya dirinya dengan sejumlah orang dari Wanayasa bertujuan sama dengan yang lainnya untuk berziarah kubur kepada pejuang Islam yakni Raden Singaperbangsa.
Posting Komentar