UPTD Pendidikan di Karawang Sudah Dipastikan Bakal Hilang - PELITA KARAWANG
UPTD Pendidikan di Karawang Sudah Dipastikan Bakal Hilang

UPTD Pendidikan di Karawang Sudah Dipastikan Bakal Hilang

Share This
Karawang,-Hasil Demo yang nihil tanpa tindaklanjut,  dibalas dengan surat Kemendagri tertanggal 4 Desember " Keukeuh" atas penghapusan UPTD Pendidikan.  Namun, tindaklanjut dari surat yang melaksanakan Permendagri Nomor 12 tahun 2017 tersebut, masih ditunggu regulasi daerah, khususnya Karawang dalam bentuk Perda dan Perbup. 

Dikatakan Plt Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan Telagasari,  Agus Wahyudi. Usai Demo,  memang hasilnya masih belum ada kepastian,namun sudah berseliweran digesernya struktural oleh Fungsional dengan nama Koordinator Wilayah.Namun, edaran yang ada, tidak instan begitu saja bisa dilaksanakan saklek ditahun 2018 awal, sebab, payung hukum turunannya juga harus ada seperti Perda dan Perbup teknis dibentuknya Korwil dan penempatannya nanti, belum lagi distribusi kesejahteraan ASN pendidikan kedepan. " Kalau surat sudah ada kepastian UPTD dihapus, ya kita tinggal menunggu regulasi daerah saja sebagai payung hukumnya,  itu prosesnya mungkin gak singkat juga, " Katanya.  

Agus menambahkan,menggawangi ratusan guru dan kepala Sekokah, UPTD selama ini cukup mumpuni mengurusi segala bentuk  administrasi, mulai distribusi guru,  distribusi Kepsek,  pelaporan Operasional sekolah,hingga rekomendasi lainnya.  Ia belum bisa membayangkan, peralihan ini ditempati sejumlah ASN di luar kapasitas pendidikan.  Ketiadaan Kepala UPTD,  masih bisa dihandel Kasubag TU senagai jantungnya,  namun jika nanti ada istilah Koorwil,  apakah semulus dan serapi selama ada UPTD atau tidak.Jawabannya sebut Agus,  tergantung teknis dan regulasi yang mengaturnya, termasuk soal profesionalisme penempatan pejabat yanf mengisinya. " Bagi kami gak jadi soal beralih atau tidak,  cuma yang saya khawatirkan,ASN diluar penguasaan administrasi pendidikan dijadikan pengisi jabatan strategis," ungkapnya. 
Posting Komentar
bkd