Warga Kalijaya Disadarkan Sanitasi - PELITA KARAWANG

Post Top Ad

bkd
Warga Kalijaya Disadarkan Sanitasi

Warga Kalijaya Disadarkan Sanitasi

Share This
Karawang,- Warga tiga Dusun di Desa Kalijaya Kecamatan Telagasari diberikan pelatihan lapangan dan sadar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Senin 18/12.  Kegiatan yang difasilitasi Petugas Kesehatan Lingkungan (Kesling) Puskesmas Telagasari ini memberikan penyadaran agar tidak Buang Air Besar (BAB) sembarangan. 
Petugas Kesling UPTD Puskesmas Telagasari,  Lilis Murniasih ST mengatakan,  pihaknya fasilitasi masyarakat Desa Kalijaya untuk lebih menyadari Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM),  sebagai upaya merubah prilaku di masyarakat, dari bab sembarangan untuk tlmenjadi tidak sembarangan. Setidaknya, sebut Lilis,  ada 5 pilar STBM agar masyarakat menerapkan hal itu,  pertamanya adalah Stop buang air besar sembarangan, kemudian penyediaan air bersih rumah tangga, Pengelolaan limbah cair rumah tangga dan pengelolaan sampah rumah tangga. Karena melalui hal itu, pihaknya ultimatum pelaksanaan lima pilar ini untuk sukseskan STBM ini. " Penyadaran itu penting,  bagaimana lima pilar ini dilaksanakan untuk suksesi STBM," Katanya. 

Lebih jauh Lilis menambahkan,  cara jitu untuk penyadaran ia membuatkan semacam game seperti memicu rasa jijik.  Dikumpulkan warga yang menggunakan sanitasi dan warga yang tidak menggunakan sanitasi yang baik seperti Jamban, irigasi dan sejenjsnya. Bagimana jika air irigasi diminum dan digunakan mandi,  kemudian bagaimana pencemaran itu mengundang penyakitbaru dimasyarakat. Maka beragam simulasi dan permainan itu,  outputnya adalah masyarakat bisa semakin sadar membuat sanitasi yang baik di rumahnya.  " Kita sosialisasikannya dengan metode game dan simulasi di lapangan,  memicu rasa jijik dan memberi gambaran yang bersih, " Katanya. 
Posting Komentar

Post Bottom Ad

budpar'