Karawang. – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika memastikan pastikan bahwa isu gempa susulan berkekuatan 7,5 skala richter adalah berita bohong alias hoax.

Sebelumnya sempat beredar kabar meresahkan melalui aplikasi percakapan Whatsapp dan media sosial yang isinya akan terjadi gempa bumi berkekuatan 7,5 skala richter pada pukul 22.30-23.59 WIB di Banten dan sekitarnya.

"Berita tersebut tidak benar, karena BMKG tidak pernah mengeluarkan informasi tersebut," kata Kepala Bidang Informasi Gempabumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG, Daryono, dalam keterangan resmi yang diterima pada Selasa, 23 Januari 2018.

Daryono juga mengatakan, informasi itu adalah berita bohong atau hoax yang dibuat pihak yang tidak bertanggung jawab dengan tujuan memberi rasa takut dan khawatir kepada masyarakat.

"Perlu diketahui bahwa hingga saat ini peristiwa gempa bumi belum dapat diprediksi dengan tepat dan akurat: kapan, berapa kekuatan, dan dimana akan terjadi," kata Daryono.

Dia pun turut menjelaskan, hingga Selasa petang, aktivitas gempa susulan di selatan Banten sudah mencapai 26 kali kejadian dengan kekuatan yang terus melemah. "Sehingga sangat kecil potensi akan terjadi gempa susulan yang kekuatannya besar," ujarnya.

Dari sekian banyak isu akan terjadi gempabumi, selama ini tidak ada satu pun yang terbukti kebenarannya. Maka masyarakat diimbau untuk tetap tenang dan tidak mudah percaya isu akan terjadi gempa.

Sumber: viva