Bandung . - Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Emil) dan Uu Ruzhanul Ulum menjadi pasangan pertama yang mendaftar menjadi peserta pemilihan kepala daerah ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Barat di Jalan Garut, Bandung, Selasa.

Mereka mendaftar tepat pukul 10.00 WIB, setelah mengikuti acara doa bersama di Stadion Sidolig pada pukul 08.00 WIB. Para pengurus partai pengusung dan ratusan pendukung mendampingi mereka. Lengser dan tarian Mayang menyambut kedatangan pasangan calon yang diusung Partai Nasdem, PPP, PKB dan Hanura itu.

Ridwan Kamil menyatakan telah menyerahkan syarat-syarat pencalonan ke KPU. Setelah menyampaikan berkas lengkap, dia dan Uu akan menjalani pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Hasan Sadikin pada Kamis.

"Di hari Selasa kami Rindu, Ridwan-Uu, sudah mendaftarkan diri sebagai calon gubernur dan wakil gubernur. Dua format berkas sudah lengkap, format dukungan dan format masing-masing calon sudah dilengkapi," kata dia.

Ketua KPU Jawa Barat Yayat Hidayat dalam sambutannya mengatakan bahwa pemilihan gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat bukan sekedar proses politik untuk meraih kekuasaan, tapi juga ajang belajar berdemokrasi.

"Pemilu di Jabar merupakan pemilu terbesar di dunia. Lebih dari Australia dan Kanada, atau setara Spanyol," katanya.

Ia juga mengungkapkan keinginannya menjadikan pemilihan kepala daerah Jawa Barat sebagai wahana wisata politik dan edukasi demokrasi. "Harus bisa dinikmati oleh semua. Bisa ditonton enak, seperti teater atau Liga Champion," katanya.