• Breaking News

    Empat Kades di Karawang Segera Riksus Akhir Jabatan

    Karawang,- Empat Kepala Desa di Kecamatan Lemahabang, siap-siap digarap inspektorat untuk Pemeriksaan Khusus (Riksus) akhir jabatannya. Meskipun SK jabatan akan berakhir Desember nanti, namun persiapan pemeriksaan 6 tahunan itu, mulai ancang -ancang persiapannya di awal tahun, karena pelaksanaan Riksus adalah 6 bulan sebelum SK berakhir.


    Salah satunya adalah Desa Lemahabang, dikatakan Kadesnya, Rusli Sumawinata. Pihaknya siap digarap riksus Inspektorat yang diperkirakan akan dilaksanakan pada bulan Juni nanti. Jika biasanya pemerintah Desa diperiksa reguler tahunan, namun ditahun ini ada pemeriksaan khusus 6 tahunan, karena akhir tahun ini dirinya berakhir jabatan menjadi Kepala Desa. Laporan pertanggungjawaban, Administrasi dan program desa selama 6 tahun, diperiksa satu persatu untuk memastikan akhir jabatan, sudah tidak ada hutang piutang laporan dan pertanggungjawaban lainnya. Meskipun masih lama sambung Rusli, namun, pihak Kecamatan sudah mewanti- wanti persiapannya sejak saat ini, sehingga kelengkapan administrasi sudah sempurna saat datang waktunya riksus tersebut. " Kita siapin dari sekarang, karena kita juga ingin pastikan tidak ada piutang administrasi dan pertanggungjawaban selama menjabat itu tuntas," Katanya.

    Ketua Ikatan Kepala Desa (IKD)Kecamatan Lemahabang, Solehudin mengatakan, ada empat Desa yang akan digarap Riksus tahun ini, yaitu Desa Pulojaya, Pulokalapa, Lemahabang dan Lemahmukti. Karena, ke empat desa ini, kepala desanya akan berakhir jabatannya setelah 6 tahun. Riksus ini sebut Soleh, merupakan agenda yang rutin dilakukan disetiap masa akhir masa jabatan, karena sebelumnya, ia yang juga Kades Pulojaha dua priode, pernah mengalami riksus dari inspektorat ini.  Hanya saja, saat priode sebelumnya, riksus yang hanya garap administrasi tahunan dari ADD ini tanpa cek fisik lapangan lazimnya pemeriksaan reguler. Sementara saat ini sambungnya, ada Dana Desa (APBN), Bantuan Gubernur (BanGub) dan Dana Bagi Hasil (DBH). Sehingga laporan dan pertanggungjawabannya seperti apa belum diketahui lebih lanjut. Karenanya, persiapan itu diakuinya, memang sudah harus dari saat ini, sebab lanjutnya, Riksus itu dilaksanakan biasanya 6 bulan sebelum masa jabatan Kades berakhir." Dulu saya ngalamin riksus, tapi belum ada Dana Desa, DBH dan BanGub, nah sekarang formatnya gimana juga belum tahu," Katanya
    Posting Komentar


    Post Bottom Ad