Facebook Diibaratkan Rokok,Ini Penyebabnya

Karawang-. - Facebook belakangan terus mendapat sorotan. Bahkan salah satu orang terkaya ini mengatakan media sosial tersebut harus diregulasi layaknya perusahaan rokok.

Adalah Marc Benioff, CEO Salesforce, yang mengutarakan pendapat tersebut. Pasalnya, media sosial punya potensi bikin kecanduan dan merusak.

"Media sosial seharusnya diregulasi sama persis seperti perusahaan rokok," kata Benioff di ajang World Economic Forum di Davos, Swiss, seperti dikutip dari Guardian, Kamis (25/1/2018).

Menurutnya efek yang ditimbulkan Facebook kurang lebih sama dengan rokok. Sehingga harus diperlakukan dengan serius, jangan dibiarkan begitu saja.

"Kupikir teknologi bisa bikin kecanduan yang harus kita atasi. Mereka membuat produk menjadi semakin adiktif dan kita perlu mengendalikannya," tandas pria dengan kekayaan lebih dari USD 4 miliar ini.

Bukan cuma Benioff sosok teknologi yang mencemaskan dampak Facebook. Bahkan mantan bosa Facebook sendiri belum lama ini mengakui situs itu memang dirancang bikin nagih penggunanya untuk menghabiskan waktu selama mungkin.

"Proses pemikiran ketika membuat aplikasi itu, Facebook adalah yang pertama, adalah tentang bagaimana kami bisa menarik waktu dan perhatian kalian sebanyak mungkin?" sebut presiden pertama Facebook, Sean Parker.

"Artinya kami perlu memberikan kalian sedikit kesenangan, karena seseorang suka atau mengomentari postingan kalian. Dan itu akan berkontribusi pada lebih banyak konten dan kalian mendapat lebih banyak like serta komentar," papar dia.

"Facebook mengubah relasi kalian dengan masyarakat, dengan satu sama lain. Mungkin juga mempengaruhi produktivitasmu. Hanya Tuhan yang tahu apa yang dilakukan situs itu pada otak anak-anak," tuturnya.
Posting Komentar