Hasil Melaut Menurun Akibatnya Harga Ikan Naik - PELITA KARAWANG
Hasil Melaut Menurun Akibatnya Harga Ikan Naik

Hasil Melaut Menurun Akibatnya Harga Ikan Naik

Share This
Karawang, - Harga ikan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Samudra Mulya Desa Ciparagejaya Kecamatan Tempuran, sedang stabil dan cenderung tinggi. Meskipun menguntungkan nelayan dari sisi harga, namun jumlah hasil tangkapan ikan di laut pesisir Karawang tersebut sedang sepi, bahkan dalam satu perahu yang rata-rata bisa mendapati ikan 80 - 100 bakul, para Nelayan hanya mampu membawa pulang sekitar 30 - 50 bakul saja.

Diakui Nelayan Ciparagejaya, Endang (50), harga ikan saat ini cukup menguntungkan, karena di Tempat pelelangan saja dibanderol tinggi karena mungkin banyaknya permintaan, seperti ikan teri yang biasa di kirim ke Sumatera misalnya, dari harga sebelumnya hanya Rp 135 ribuan perbakulnya, saat ini menembus Rp 160 bahkan hampir Rp 200 ribuan, sementara ikan tembang yang biasa dijadikan bahan dasar ikan asin, dibanderol dikisaran Rp 50 - 70 ribuan perbakul dari biasnga sekitar Rp 40 ribuan saja. Namun, sebut Endang, harga yang cukup menguntungkan itu, belum sebanding dengan jumlah yang didapat hasil melaut saat ini, apalagi cuaca menjelang sore biasanya kurang baik, sehingga para nelayan yang biasanya mendapati 80 bakul per satu perahu misalnya, hanya pulang saat ini dengan 30 - 50 bakul saja. " Harga sih tinggi, tapi hasil tangkapan kita sedikit, ditambah cuaca jelang sore hari juga gak bagus," Ungkapnya.

Ketua Rukun Nelayan (RN) Ciparagejaya, Tarpidi mengatakan, Nelayan asal Ciparage ini melaut hanya sekitar 20 - 30 mil saja dari muara. Aktifitas lelang saat ikan melimpah, bisa sampai malam hari terus berlangsung, namun saat ini, aktivitas lelang berakhir sampai petang hari saja, karena ikan di laut masih kurang melimpah. Meskipun demikian, harga ikan yang didapat, di lelang saja sudah dibanderol dengan harga cukup menguntungkan bagi nelayan, hanya faktor stok ikan dan kurang stabilnya angin laut saat sore hari, membuat ikan yang dibawa ke lelang terbatas, meskipun varian ikan yang didapat masih bisa dibawa seperti Udang Bago Hitam, Teri, Tembang, Gurame, Kakap dan lainya. " Aktivitas lelang petang juga selesai, tapi kalau melimpah mah sampai malam juga jalan terus," Katanya.
Posting Komentar
bkd