Ini Masalah Utama Pencemaran di Sungai Citarum - PELITA KARAWANG
Ini Masalah Utama Pencemaran di Sungai Citarum

Ini Masalah Utama Pencemaran di Sungai Citarum

Share This
BANDUNG.- Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya mengatakan, masalah utama pencemaran Sungai Citarum yakni berasal dari limbah padat masyarakat yang tidak terkelola dengan baik. Siti mengatakan, pentingnya pengelolaan sampah secara maksimal sejak dini.

"Masalah utama Citarum ini limbah padat dari masyarakat," ujar Siti Nurbaya usai menghadiri acara sosialisasi penanganan sampah kepada pelajar di Balaikota Bandung, Minggu.

Siti mengatakan pentingnya pengelolaan sampah secara maksimal yang harus dilakukan sejak dini. Pasalnya, pertumbuhan volume sampah tidak diimbangi dengan pengelolaan sampah dengan baik.

Menurut dia, banyaknya sampah di Sungai Citarum akibat buruknya pengelolaan sampah oleh masyarakat. Hal itu juga diperparah oleh terbatasnya tempat pembuangan akhir (TPA), sehingga banyak sampah yang akhirnya dibuang ke sungai.

Di sisi lain, ia pun menyoroti limbah industri yang mencemari Sungai Citarum. Masifnya pembangunan industri di sepanjang aliran sungai telah mempengaruhi kualitas air yang ada. "Penanganan limbah industri sepenuhnya menjadi tanggung jawab perusahaan terkait. Kita tinggal penegakkan hukum saja," kata dia.

Di tempat yang sama Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengatakan, penanganan limbah padat masyarakat telah dilakukannya dengan berbagai macam kegiatan seperti gerakan pungut sampah (GPS) dan penyediaan bank sampah.
Posting Komentar
bkd