Jalan Menuju Sedari Bakal Mantap,Ini Sumber Dananya

Karawang-.Fenomena pantai Sedari, yang berada di Desa Sedari Kecamatan Cibuaya, di akhir tahun 2017 silam, mengundang ribuan orang untuk berlibur menyambut tahun 2018, sehingga mengakibatkan kemacetan di jalan yang menjadi satu-satunya akses ke pantai tersebut.


Setelah dibangunnya jalan dan dua jembatan yang menjadi akses utama menuju Desa Sedari tahun 2017 dengan bantuan CSR dari PT Pertamina Hulu Energi - Offshore North West Java (PHE-ONWJ). Untuk mengantisipasi kemacetan yang timbul dengan semakin di kenalnya pantai Sedari sebagai salah satu pilihan tujuan wisata di kabupaten Karawang. Kini giliran PT Pertamina EP bekerjasama dengan pemerintah Desa Sedari mengadakan pelebaran jalan yang menjadi akses ke Desa Sedari.

Saat ditemui, Sabtu (20/1). Kepala Desa Sedari, Bisri Mustafa menjelaskan kemacetan panjang yang terjadi saat libur tahun baru 2018 lalu memang dampak dari semakin dikenalnya pantai Sedari.

"Selain baru menjadi tujuan wisata, sehingg kurang ter antisipsi, akses jalan yang dibangun oleh PT Pertamina ONWJ ini juga kurang lebar akibatnya terjadi kemacetan panjang saat memasuki Desa Sedari. Macetnya sampai 10 Km," jelas Bisri.


Masih menurut Kades Sedari, kejadian tersebut akunya di jadikan pelajaran sehingga menjadi targetnya dan pemerintah desa untuk berbenah. Gayung bersambut PT. Pertamina EP merespon keinginan kami untuk memperlebar jalan tersebut.

"Kerja sama dengan PT. Pertamina Ep. Dengan panjang kurang lebih 900 meter dan lebar 1 meter, pelebaran sedang berjalan dan kemungkinan dua jembatan yang adapun akan kita perlebar," katanya.

Selain pihak swasta lanjut Bisri, Pemkab Karawang pun akan kembali berperan dalam pembenahan objek wisata Pantai Sedari.

"Dari awal Pemkab telah ikut mengembangkan Pantai Sedari dengan dibangunnya Ruang Terbuka Hijau (RTH) di bibir pantai dan akan terus mendukung pemerintah Desa Sedari untuk menjadikan Pantai ini menjadi tujuan pariwisata di Kabupaten Karawang," tandasnya.

Bisri menambahkan, dengan diperlebarnya jalan tersebut dirinya berharap selain berkembangnya Pantai sebagai tujuan wisata juga dapat mengembangkan perekonomian masyarakat Desa Sedari.

"Selain wisata pantai yang harapan saya bisa berkembang, harapan saya pun kepada masyarakat untuk bisa memanfaatkan kondisi ini untuk juga berkembang, secara finansial dan secara berfikir. Dengan kemudahan yang kita (pemerintah) berikan dengan dibangunnya jalan yang layak, berharap masyarakat bisa mengembangkan usaha yang telah berjalan dan membuka usaha yang belum ada sehingga secara keseluruhan masyarakat dapat berkembang," pungkasnya.

Zul
Posting Komentar