Kades Baru Omang Rohman Bakal Dilantik Akhir Januari - PELITA KARAWANG
Kades Baru Omang Rohman Bakal Dilantik Akhir Januari

Kades Baru Omang Rohman Bakal Dilantik Akhir Januari

Share This
Karawang,- Paska terpilihnya Omang Rohman sebagai Kades melalui hasil Musyawarah Desa (Musdes)Cilewo Kecamatan Telagasari, Bupati Karawang dijadwalkan melantik secara resmi akhir Januari ini. Bahkan, kalau tiada hambatan, lokasi pelantikan Kades Pergantian Antar Waktu (PAW) tersebut, akan digelar langsung di Kantor Desa.

Kata Kasie Pemerintahan Kecamatan Telagasari H Ayi Hidayat, waktu pelantikan Kades baru Cilewo ini seseuai tahapan, yaitu akhir Januari antara tanggal 25 - 30, pihak Kecamatan sudah layangkan permohonan SK ke DPMPD atas Kades terpilih dalam kegiatan Musyawarah Desa (Musdes) akhir Desember lalu itu, tinggal ditindaklanjuti melalui SK Bupati dan kesediaannya melantik Omang Rohman sebagai Kades PAW. Bupati dalam hal ini, akan melantik langsung Omang Rohman, meskipun dirinya belum tahu sumber anggaran untuk pelaksanaan pelantikan yang akan digelar dikantor Desa Cilewo ini." Ajuan sudah dan tinggal di SK kan dan dilantik Bupati, insya Allah akhir bulan ini di kantor Desa " Katanya.

Lebih jauh Ayi menambahkan, selama belum dilantik, kewenangan Pjs Kades tetap normal seperi biasa, baik tandatangan maupun kebutuhan lainnya.   Disinggung komposisi perangkat Desa setelah hadir Kades definitif, Ayi menyerahkan sepenuhnya kepada Kepala Desa. Namun, dalam PP Nonor 53, perangkat desa seharusnya memang tidak boleh diganti sampai usia 60 tahun, kecuali mengundurkan diri, meninggal dunia dan alasan kuat yang membuatnya harus diberhentikan, seperti tidak aktif berturut- turut dan lainnya. " Kades Pjs masih memiliki wewenang seperti biasa sampai dengan pelaksanaan Musdes dan Kades terpilih dilantik," Katanya.

Camat Telagsari, Hj Yetty Yuliati S.IP mengatakan, Pelantikan dipastikannya akan digelar akhir Januari sesuai tahapan, namun juga bisa menyesuaikan dengan kesanggupan Bupati melantiknya ditanggal berapa. Karena, ia berharap, Kades baru hasil Musdes itu, dilantik langsung Bupati seperti di Desa Sukaratu yang mana lokasinya juga dikantor Desa. Semua syarat dan ajuannya sudah disodorkan pihaK Kecamatan, termasuk lolos butuh. Sebab, status Omang Rohman ini adalah PNS dilingkungan UPTD Pendidikan Telagasari yang pada Mei mendatang juga akan memasuki masa pensiun. " Seperti di Sukaratu, di Desa Cilewo ini juga kita harap pelantikannya ya di Kantor Desanya juga, Insya Allah Bupati yang akan melantiknya," Kata Yetty.

Ditambahkannya, roda pemerintahan Desa Cilewo masih belum stabil sejak akhir tahun kemarin, sehingga meskipun sudah ada Pjs Kades, Dana Desa tahap 2 tahun 2017 kemarin masih belum cair karena di Pending.  Namun, dana itu masih bisa masuk luncuran tahun ini untuk tahap 2 bisa turun, baik masih oleh Pjs Kades maupun Kades Definitif. Sehingga diharapkan, setelah ini, semua sistem, program dan kebijakan Pemerintah Desa Cilewo bisa lebih baik lagi, betapapun sebut Yetty, pemerintahan Desanya sudah banyak pegawai yang jarang lagi aktif. Pihak Kecamatan hanya memberikan pesan, kiranya pegawai desa yang aktif dan berkelanjutan bisa dipertahankan, sementara yang sudah tidak aktif, silahkan dipertimbangkan Kades baru nanti dalam menopang pemerintahan Desanya." Dana Desa tahap 2 dipending, karena kemarin masih riskan, sekarang insya Allah walau luncuran bisa lancar, baik oleh Pjs maupun yang definitif nantinya," pungkasnya. 
Posting Komentar
bkd