KARAWANG.- Partai koalisi sepakat mengusung pasangan Rindu yakni Ridwan Kamil (Emil)-Uu Ruzhanul Ulum pada Pemilu Gubernur (Pilgub) Jawa Barat 2018. Keputusan ini diperoleh melalui pembahasan bersama yang dilakukan seluruh pimpinan pusat partai koalisi yang terdiri dari NasDem, PKB, PPP dan Hanura, di Jakarta, Sabtu (6/1) malam.

Menurut Ketua Departemen Pemenangan Jawa Barat DPP PPP Dayat Hidayat, seluruh partai pengusung sepakat mengusung Emil-Uu. "Alhamdulillah, akhirnya telah tercapai yang memang selama ini ditunggu-tunggu," ujar Dayat saat dihubungi, Sabtu malam (6/1).

Dayat mengatakan, kesepakatan ini diperoleh berdasarkan hasil pertemuan partai koalisi. Dalam pertemuan itu, PPP dan Hanura diwakili langsung oleh ketua umum masing-masing yakni Romahurmuziy dan Oesman Sapta Odang. 

Sedangkan PKB diwakili Ketua Desk Pilkada DPP PKB Daniel Johan dan NasDem diwakili Ketua Bappilu yang juga Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita. Selanjutnya, seluruh partai tersebut akan mengeluarkan surat rekomendasi untuk Emil-Uu.

Rencananya, kata dia, surat rekomendasi akan diterbitkan pada Ahad (7/1). Nantinya, pasangan calon yang langsung akan roadshow untuk mengambil surat rekomendasi dari NasDem, PKB, dan Hanura. 

"Kalau dari PPP kan sudah," ucapnya.

Dayat pun memastikan Emil-Uu sudah akan segera didaftarkan ke Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Barat karena telah memenuhi syarat minimal 20 kursi. "Akan segera didaftarkan ke KPU," katanya.

Dan kabar teranyar diperoleh,pasangan Ridwan-Uu akan mendaftar ke KPUD Jabar,pada hari Rabu,10 Januari 2018,sekitar pukul 10.00 WIB.