Jakarta. - Sekretaris Jenederal Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Indonesia (DPP PDI) Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan pihaknya memutuskan mengusung Puti Guntur Soekarnoputri sebagai bakal calon wakil gubernur Jawa Timur setelah meminta masukan dari berbagai pihak, termasuk kiai sepuh.


"Sebelum membuat keputusan, PDI Perjuangan telah meminta masukan dari para kiai sepuh, dari bakal calon Gubernur Jawa Timur Syaifullah Yusuf, dari Ketua Umum PKB Muhaiman Iskandar, serta dari sejumlah tokoh masyarakat," katanya, usai acara peringatan ulang tahun ke-45 PDI Perjuangan, di Jakarta, Rabu.

Dari berbagai masukan yang disampaikan para tokoh, menurut dia, PDI Perjuangan menyimpulkan bahwa masyarakat Jawa Timur menginginkan pemimpin yang memiliki komitmen kerakyatan dan menguatkan sejarah.

Oleh karena itu, ia menyatakan, Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri memutuskan mengusung Puti Soekarnoputri, yang juga anggota DPR RI dari daerah pemilihan (dapil) Jawa Barat.

"Dengan keputusan tersebut, maka sudah terjawab pertanyaan masyarakat bahwa PDI Perjuangan mengusung calon pemimpin secara konsisten dalam menyiapkan kepemimpinan untuk rakyat," katanya.

Hasto menyatakan, pasangan Syafullah Yusuf dan Puti Guntur Soekarnoputri mendaftarkan ke KPU Jawa Timur pada Rabu malam sekira pukul 19.30 WIB.

PDI Perjuangan juga menunjuk salah satu wakil sekretaris jenderalnya, yakni Ahmad Basarah sebagai ketua tim pemenangan pasangan Syaifullah Yusuf dan Puti Guntur Soekarnoputri sebagai pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur Jawa Timur.

Ia juga menegaskan, penetapan Puti Guntur Soekarnoputri sebagai bakal calon wakil gubernur Jawa Timur adalah penugasan dari Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, sehingga seluruh struktur partai, baik DPP maupun DPD PDI Perjuangan Jawa Timur akan mendukung penuh pasangan ini.

Ketika ditanya, Puti Guntur Soekarnoputri adalah anggota DPR RI dari Jawa Barat mengapa ditugaskan menjadi calon wakil gubernur Jawa Timur, Hasto menjawab bahwa komitmen PDI Perjuangan adalah membangun seluruh wilayah Indonesia, bukan hanya satu provinsi.

"Kalau Puti ditugaskan menjadi calon wakil gubernur Jawa Timur, itu bagian dari komitmen partai dalam membangun Indonesia," demikian Hasto Kristiyanto.

Pasangan Syaifullah Yusuf dan Puti Guntur Soekarnoputri dalam Pemilihan Umum Kepala Daerah Jawa Timur (Pilkada Jatim)   juga didukung Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Gerindra. Mereka akan berhadapan dengan pasangan Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak yang didukung Partai Nasdem, Demokrat, Golongan Karya dan Hanura.