Polda Jabar Tutup Tiga Penatu Cemari Sungai Citarum - PELITA KARAWANG
Polda Jabar Tutup Tiga Penatu Cemari Sungai Citarum

Polda Jabar Tutup Tiga Penatu Cemari Sungai Citarum

Share This

Bandung.-Kepolisian Daerah Jawa Barat menutup tiga perusahaan jasa penatu di Kabupaten Bandung, karena disinyalir membuang limbah cair, yang mencemari Sungai Citarum.


"Polda dan Kodam III/Siliwangi dibantu dinas lingkungan melakukan penyelidikan di sepanjang bantaran Sungai Citarum dan ditemukan tiga perusahaan `laundry` yang membuang limbah jenis B3 dan sisa pencucian ke sungai (Citarum)," ujar Kapolda Jabar Irjen Pol Agung Budi Maryoto di Bandung, Senin.

Agung mengatakan, tiga perusahaan jasa penatu tersebut yakni Xpress Laundry, Ciharuman Laundry, dan Elvito Laundry. Ketiganya beroperasi di Kampung Ciharuman dan Kampung Parung Peusing, Desa Jelekong, Kecamatan Kutawaringin, Kabupaten Bandung.

Menurutnya, dari hasil penyelidikan selain membuang limbah cair ke sungai, perusahaan-perusahaan tersebut tidak memiliki izin usaha dan instalasi pengolahan air limbah (IPAL). Maka demikian, Polda Jabar terpaksa menutup operasionalnya.

"Dalam sehari masing-masing perusahaan itu melakukan kegiatan `washing` (mencuci) pakaian sebanyak 500 potong pakaian. Jadi kalau dikalikan sebulan, pembuangan limbah itu sangat bahaya," kata dia.

Adapun limbah cair yang berhasil ditemukan seperti sabun cair, bahan kimia OBA, ABS, silikon, sodium sulfat, softener, kausik, PK, bio wash, dan pewarna tanpa melalui proses pengolahan.

Sementara itu, Direktur Resere Kriminal Khusus Polda Jabar Kombes Pol Samudi mengatakan, saat ini pihaknya masih menyelidiki lebih dalam pencemaran yang dilakukan tiga perusahaan tersebut sambil menunggu hasil labolatorium.

Apabila hasil labolatorium positif bahwa limbah cair tersebut berasal dari tiga perusahaan ini, maka pemiliknya akan diproses secara hukum.

"Polisi saat ini tengah menunggu hasil laboratorium untuk menetapkan tersangka," kata dia.
Posting Komentar
bkd