Proyek Padat Karya Harus Dibayar Setiap Hari

Tegal-.Salah satu program pemerintah yang dimulai awal tahun ini adalah Padat Karya Cash. Presiden Jokowi sempat mengecek pelaksanaannya dalam kunjungan ke Tegal, Jawa Tengah.

"Tadi ditanya dibayar berapa untuk tukangnya, (jawabnya) Rp 100 ribu, untuk pembantunya Rp 80 ribu. Ini standar di Tegal dan sekitarnya, dibayar seminggu sekali. Saya tadi minta sama Pak Menteri (PUPR Basuki Hadimuljono), kalau bisa setiap hari dibayar, tapi ini yang sudah berjalan memang mingguan, seminggu Rp 200 ribuan," ujar Jokowi di Desa Lebaksiu, Tegal, Jawa Tengah, Senin (15/1/2018).

Sebelumnya, Jokowi meninjau para petani dan berbincang-bincang. Namun yang digarap dalam program ini di wilayah itu adalah pembuatan irigasi tersier.

Perbincangan Jokowi yang ditemani Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Menteri Basuki itu berlangsung hampir 30 menit. Jokowi dan rombongan juga menyusuri area persawahan yang dibuatkan irigasi.

"Tadi saya tanya ke beberapa orang ini, 150-160 orang yang bekerja," kata Jokowi.

Program Padat Karya Cash dilakukan oleh 14 kementerian/lembaga. Untuk yang satu ini, pendanaannya dari Kementerian PUPR.

"Supaya daya beli masyarakat naik, perputaran uang di bawah lebih besar. Kita harapkan konsumsi juga naik," kata Jokowi.
Posting Komentar