Satpol PP Tertibkan Spanduk Parpol di Kota Karawang

KARAWANG-.Semula sudah dikabarkan bertebaran belbagai bendera parpol dan spanduk pilgub dipusat kota Karawang.Perang bemdera dan spanduk terjadi sesaat memasuki pendaftaran dan seterusnya.


Atas kondisi tersebut akhirnya ratusan spanduk dan bendera partai politik (Parpol) yang terpasang di sepanjang by pass Karawang ditertibkan oleh petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Kamis (11/1).

Penertiban dilakukan lantaran ijin pemasangan sudah habis, dan juga belakangan kawasan terlihat menjadi kumuh karena keberadaan spanduk dan bendera-bendera parpol tersebut.

“Kami mencopot spanduk dan bendera parpol yang terpasang di jalan bay pass Karawang, tepatnya di bundaran Mega M sampai lampu merah RMK karena sudah habis izin pemasangannya dan jalan itu jadi kumuh karena menggunakan taman jalan,” ujar Kasi Pengendalian dan Operasi Satpol PP Karawang, Junaedi.

Dikatakan, ratusan bendera parpol dan spanduk yang ditertibkan itu telah melanggar perda Kebersihan, Keindahan dan Kenyamanan (K3). Jadi pihaknya mencabut semua bendera dan spanduk itu.

“Kami akan terus melakukan kegiatan penertiban ini khususnya di wilayah Karawang kota. Untuk menciptakan keindahan dan kenyamanan bagi masyarakat,” katanya.

Dijelaskan, kegiatan ini merupakan operasi rutin yang Satpol PP Karawang lakukan. Kedepan tidak hanya wilayah kota, pihaknya juga bakal menertibkan spanduk dan bendera partai di semua wilayah jika tidak memiliki ijin dari instansi terkait.

“Ini baru kegiatan permulaan yang dilakukan awal tahun, kedepan kegiatan akan dilakukan di semua wilayah di Karawang,” katanya.

Kedepan, lanjutnya, pihaknya akan berkordinasi dengan KPU untuk memantau pemasangan spanduk dan baliho calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat agar tidak melanggar Perda K3 yang sudah ditetapkan.

“Kami juga akan berkordinasi dengan Panwas jika ada pelanggaran atribut kampanye yang tidak sesuai. Ya jika melanggar aturan kita akan tertibkan,” katanya.

Ia menambahkan, semua bendera dan spanduk yang ditertibkan bakal di data dan disimpan di gudang Satpol PP. “Kami berharap bagi partai politik yang memasang bendera atau spanduk ditertibkan sendiri sebelum kami yang menertibkannya,” pungkasnya.
Posting Komentar