Siap-siap Pelajar Karawang Bakal Disuntik Ini

KARAWANG,-Setelah melaksanakan vaksinasi difteri di Posyandu pada anak-anak balita, petugas UPTD Puskesmas mulai ancang-ancang menyuntik vaksin tersebut ke anak usia SMP dan SMA di awal tahun ini. Meskipun ditarget rampung termin pertama pada akhir Januari, namun UPTD Puskesmas Sukatani kecamatan Cilamaya Wetan, sudah menyerap vaksinasi sebanyak 89 persen.


Programer Imunisasi UPTD Puskesmas Sukatani, Ati Srihayati mengatakan,  tahap pertama vaksinasi di Posyandu, pihaknya sudah rampungkan 89 persen sasaran vaksin difteri di wilayah kerja UPTD Puskesmas Sukatani. Hasilnya, selain disambut antusias orangtua balita, juga tidak ada temuan efek samping yang membahayakan paska di vaksin. Tinggal saat ini, vaksinasi difteri untuk anak SMP dan SMA sederajat, disiapkan, meskipun belum menjadwalkan tanggal karena vaksinnya baru mengambil hari ini Jumat 5/1, namun, setelah dilengkapi, pihaknya baru akan menjadwalkan tanggal dan sasarannya ke anak-anak usia SMP - SMA, sebab, jikapun kemarin ada anak SMP dan SMa hendak di vaksin di Posyandu, sebelumnya ia tolak, karena vaksinnya berbeda yaitu DT, meskipun sama-sama Difteri. " Kita sudah rampungkan 89 persen, tinggal anak usia sekolah saja " Katanya.

Ati menambahkan, termin pertama vaksinasi dijadwal sampai akhir Januari ini, sebenarnya vaksinasi Difteri ini bisa dilakukan juga pada masyarakat usia diatas 19 tahun, namun karena yang diprogramkan adalah sampai usia 19 tahun ini, maka tidak bisa dilakukan didalam program. Bisa saja, sebut Ati, masyarakat umum di vaksin, seperti saat pihaknya di Posyandu, karena selain balitanya, orangtuanya juga sempat banyak keinginan agar di vaksin difteri tersebut. Itu bisa dilakukan kalau semua program sudah selesai, dan ada sisa stok masih ada. " Kita gak bisa vaksin usia diatas 19 tahun, kalau program belum selesai, kecuali nanti ada sisa," Katanya. 
Posting Komentar