Soal UNBK Kurtilas Perdana akan Berbeda dari yang Lawas



KARAWANG. - Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) versi Kurikulum 2013 perdana akan digelar tahun ajaran 2017/2018 ini. Selain Pilihan Ganda (PG) yang akan muncul, soal dalam Bentuk Uraian Objektif (BUO) berupa Esay, berpeluang menjadi tantangan tersendiri peserta UNBK tahun ini.

Wakil Kepala Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Karawang 2, Yusuf Muhtadin M.Pd mengatakan, UNBK masih berkutat pada mata pelajaran seperti tahun sebelumnya yaitu bahasa Indonesia matematika dan Pilihan IPA dan IPS nya adalah Biologi dan Sosiologi . Kisi - kisi UNBK sejauh ini sudah banyak dipelajari para siswa Man Karawang 2 dalam simulasi yang digelar madrasah. Wal hasil, daya serap pemahaman siswa diakui Yusuf cukup baik sambil terus menggelar pelatihan di ruangan Laboratorium Komputer di 3 ruangan kelas. Selain Durasi yang menjadi kekhawatiran siswa, peserta UNBK di MAN 2 Karawang dengan jumlah peserta 228 siswa, pihaknya juga mendengar bahwa UNBK perdana verSi Kurtilas tahun ini disertai dengan Essay selain dari pilihan ganda atau kata lainnya Bentuk Uraian Objektif (BUO), dimana siswa mengisi Essay di lembaran LJK meskipun soalnya di Komputer, namun sebut Yusuf, tidak menutup kemungkinan langsung ketik di Komputer, karenanya sejauh ini pihaknya belum menerima arahan dan informasi lebih lanjut kaitan soal UNBK verai Kurtilas ini. " Selain PG, soal UNBK persana versi Kurtilas ini juga berpeluang disertai Essay tahun ini mah, " Katanya.

Guru Fisika asal Desa Linggarsari Kecamatan Telagasari ini menambahkan, sebelum UNBK yang akan digelat pada 10 - 13 April nanti, Pihaknya terus berikan simulasi pelatihan, terakhir pada 20 Januari kemarin, disamping juga ikhtiar melalui dorongan spiritual seperti Istighosah berjamaah. Sebab, pihak Madrasah berharap, para siswa bukan saja berharap lulus, tetapi juga mengupayakan memiliki nilai akademik yang baik, karena sebutnya meskipun berbasis Madrasah, kerjasama dan kemitraan bersama Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta sudah sangat terjalin baik, selain UNSIKA, juga ada IPB, ITB, UNJ dan kampus lainnya yang siap menyerap lulusan MAN 2 Karawang ini, apalagi sambung Yusuf, hasil penyisiran pihaknya, dari 228 peserta UNBK MAN 2 Karawang, sekitar 30 persen lulusannya siap melanjutkan ke bangku perkuliahan di kampus-kampus bonafit." lulusan MAN 2 Karawang ini sudah siap ditampung perkuliahan di Kampus bonafit, alhamdulillah sekitar 30 peraen siap melanjutkan kuliah," Pungkasnya.

Posting Komentar