Umat Islam Dihimbau Sholat Gerhana Bulan

JAKARTA-. Dirjen Bimas Islam Kemenag Muhammadiyah Amin mengimbau kepada masyarakat untuk melaksanakan shalat gerhana bulan total yang akan terjadi pukul 18.48 WIB Rabu (31/1).Demikian ditulis Republika.

"Kami telah melaksanakan temu kerja Hisab Rukyat Mei 2016 lalu dan sesuai hasil keputusan tersebut Gerhana Bulan Total akan terjadi di Indonesia tepat hari Rabu (31/1) atau 14 Jumadal Ula 1439 H," jelas dia, Ahad (21/1).

Masyarakat Indonesia dapat melihat puncak gerhana pukul 20. 29 WIB dan akan berakhir pukul 22. 11 WIB. Karena ada perbedaan waktu di beberapa daerah Indonesia sebaiknya setiap daerah menyesuaikan pelaksanaan shalat dengan situasi dan kondisi daerah masing-masing.

Bagi umat muslim, Muhammadiyah Amin mengimbau agar shalat khusuf (shalat gerhana bulan) dilaksanakan secara berjamaah dan dilengkapi dengan khutbah. Shalat sunnah ini merupakan salah satu shalat yang pling dianjurkan Rasulullah.

"Selain diawali dengan takbir, selama terjadi gerhana bulan sebaiknya umat Islam memperbanyak zikir, istighfar, sedekah dan amalan-amalan yang lain," jelas dia.

Menurut Hadist Riwayat Muttafaq, Rasulullah berkhutbah usai shalat khusuf, " Wahai umat Muhammad, demi Allah, jika kalian mengetahui apa yang aku ketahui, niscaya kalian akan sedikit tertawa dan banyak menangis,".

Karena selama shalat khusuf, Rasulullah diperlihatkan Allah penampakan surga dan neraka. Saat di surga , Rasul ingin memetik dahan untuk diperlihatkan kepada umatnya, sedangkan saat di neraka ,Rasul diperlihatkan berbagai bentuk azab pedih yang ditimpakan kepads penduduk neraka.

Selain itu Muhammadiyah berharap umat Islam berdoa untuk keselamatan bangsa dan negara. Karena sesungguhnya terjadinya gerhana bulan maupun matahari adalah sebuah pengingat. Umat diingatkan akan terjadinya hari kiamat dan azab Allah yang diturunkan karena dosa-dosa kita.
Posting Komentar