Bupati Larang Keras Warga Karawang Pinjam Emok - PELITA KARAWANG
Bupati Larang Keras Warga Karawang Pinjam Emok

Bupati Larang Keras Warga Karawang Pinjam Emok

Share This
Karawang-.Pemerintah Kabupaten Karawang semakin serius dalam melakukan pemberantasan terhadap rentenir (bank emok), setelah sebelumnya membuat surat edaran tentang pemberantasan bank emok beberapa pekan lalu. Selanjutnya Pemkab Karawang menggandeng Bank Jabar untuk memberikan pinjaman kepada masyarakat dengan suku bunga yang rendah dan tanpa agunan.


Bupati Karawang, Cellica Nurachadiana saat meninjau kegiatan pengobatan gratis di Desa Dewisari Kamis lalu (8/2). Ia mengutarakan pemberantasan rentenir atau bank emok bukanlah hal yang mudah dan tanpa solusi, namun membutuhkan waktu dalam prosesnya. Sebagai solusinya adalah sistem yang sudah di rancang oleh pemkab saat ini, dengan mengajak masyarakat agar tidak terjerumus emok.

"Bekerjasama dengan bank jabar, memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk memberikan pinjaman permodalan dengan suku bunga rendah dan tanpa agunan," ucapnya.

Namun yang menjadi kendala, kultur atau kebiasaan masyarakat saat ini. Lebih memilih rentenir untuk mendapatkan pinjaman, karena di anggap lebih mudah. Yang akhirnya malah terjerat bunga pinjaman tersebut.

"Karena tidak mau repot memenuhi persyaratan akhirnya memilih rentenir yang relatif mudah untuk mendapatkan pinjaman, tetapi susah kemudian hari," jelas Bupati.

Menaggapi adanya sistem rentenir atau bank emok yang baru, yaitu memberikan pinjaman dana kepada masyarakat untuk pembiayaan pendidikan dengan iming-iming suku bunga lebih rendah. Dengan tegas Cellica melarangnya, karena menurutnya masalah pendidikan merupakan kewajiban pemerintah daerah.

"Tentu saja gak boleh, karena pendidikan itu kewenangan pemerintah," pungkasnya.

Zul
Posting Komentar
bkd