Dishub Karawang Periksa Bus Tidak Layak Jalan - PELITA KARAWANG
Dishub Karawang Periksa Bus Tidak Layak Jalan

Dishub Karawang Periksa Bus Tidak Layak Jalan

Share This
KARAWANG,- Dinas perhubungan (Dishub) Kabupaten Karawang dinilai agresif dua pekan terakhir ini. Bukan hanya menghitung jumlah bus yang masuk terminal Klari tetapi dinas itu juga mengawasi ketat ban kendaraan bus-bus tersebut.

Seperti dilakukan Jumat (16/2) siang, dinas itu melakukan pelakukan pemeriksaan terhadap kondisi ban bus yang masuk ke Terminal Klari. "Ini kita sedang melakukan pengecekan kendaraan bus, untuk diuji layak dan tidaknya digunakan oleh masyarakat atau warga yang akan pulang kampung maupun lainya," ujar Kepala Bidang Angkutan Rochman, disela-sela kegiatan.

Kata Rochman, pengecekan tersebut dilakukan untuk meminimalkan terjadi kecelakaan saat bus tersebut dalam perjalanan, terutama masalah rem dan ban yang sering menjadi penyebab terjadinya kecelakaan. "Kita melakukan pengecekan terhadap ban dan rem, termasuk lampu kendaraannya dan uji kirnya," tandas Rochman.

Sekalipun pihaknya dihari pertama ini belum mendapatkan bus yang melanggar standarisasi keselamatan penumpang, namun pihaknya akan memastikan jika pengecekan tersebut akan dilakukannya selama libur panjang saat ini. "Kegiatan ini akan terus dilakukan sampai waktu liburan panjang," paparnya.

Rochman juga meminta kepada pengusaha jasa angkutan agar terlebih dahulu mengecek kendaraannya di ful masing-masing, sehingga petugas hanya akan memastikannya saja di Terminal Klari kalau kendaraan itu aman dikendarai. "Kami menghimbau kepada pengusaha angkutan, apabila mereka keluar dari ful diusahakan mengecek terlebih dahulu kendarannya, apakah layak atau tidak untuk menjamin keselamatan penumpang," ujarnya.

Secara terpisah Kepala Dinas Perhubungan Arief Bijaksana Maryugo ditanya soal jumlah kendaraan yang setiap hari keluar masuk Terminal Klari hanya menyebutkan untuk bus selama mesuki liburan panjang ini mencapai 60 hingga 100 bus yang masuk terminal dengan berbagai macam tujuan. Dishub sendiri saat ini rutin melakukan pengecekan terhadap kondisi kelayakan bus. "Ada sekitar 60 hingga 100 bus setiap hari masuk terminal, dan semua bus itu kita lakukan pengecekan kelayakan jalannya untuk memastikan penumpang aman selama dalam perjalanan," tuturnya.


raka
Posting Komentar
bkd