Kantor Desa Muara Cilamaya Wetan Dibangun Tahun 2018

Karawang,- Setelah terhambat akibat tidak memiliki lahan bersertifikat, Desa Muara Kecamatan Cilamaya Wetan ajukan realisasi prototype Kantor Desa tahun ini. Selain lahan kantor lamanya merupakan milik Perhutani karena tak jauh dari pesisir Karawang, keberadaan lahan pengganti untuk dibangunkan kantor desa Rp 500 juta itu sudah disiapkan di lokasi lain.

Kades Muaralama, Iyos Rosita S.Pd mengatakan, kantor desa Muara sudah puluhan tahun berdiri diataa lahan perhutani, meskipun sudah lapuk dan terancam roboh aulanya, namun Pemkab tidak memungkinkan membangun lahan kantor desa prototype dilahan bukan milik aset desa. Karenanya, meskipun mengajukan setiap tahun, khawatir dibangun bisa terjadi sengketa di kemudian hari. Namun, saat ini, pihak Desa sudah tidak pusing lagi, karena lahan kantor desa untuk prototype sudah tersedia 5.600 meter di Dusun Krajan 1 RT 02/02 tak jauh dari Kalen Tasrif. Karenanya, sudah adanya ketersediaan lahan tersebut, pihak desa berani optimis mengajukan tahun ini dan sudah masuk draft e Planing. Semoga saja, ptototype yang diharapkannya sudah lama itu bisa segera terealisasi tahun ini juga." kantor yang dulu kan walau lapuk, tapi lahannya milik Perhutani, jadi kapanpun gak bisa di bangun, khawatir sengketa di kemudian hari, " Katanya.

Lebih jauh Iyos menambahkan, dalam ajuan anggaran Prototype tahun 2018 ini, kabarnya dianggarkan Rp 500 juta yang tipe bangunannya belum diketahuinya. Biasanya, dalam membuat prototype itu memakan lahan sekitar 350 meteran, namun, lahan yang dimiliki saat ini masih cukup luas dan bisa dimanfaatkan untuk kegiatan maupun infrastrutkur lainnya, bahkan memluluskan persiapan realisasi, pihak Desa berencana mengarug lahan yang saat ini sudah jadi milik desa tersebut. Semoga saja, harap Iyos,  realisasi tahun ini benar - benar terwujud. Adapun kantor desa yang lamanya, masih bisa di fungsikan seperti aula serbaguna maupun kantor Bumdes. " Kantor lama gak akan dibongkar, tapi tetap difungsikan untuk kegiatan lain atau kantor Bumdes," Katanya.

Sementara itu, Camat Cilamaya Wetan Drs H Hamdani mengatakan, ajuan untuk pembangunan kantor Desa Muara sudah masuk draft e Planing yang direncanakan tahun ini juga terealisasi. Sejauh ini, sebut Iyos, hanya Desa Muara saja se Kecamatan Cilamaya Wetan yang kantor desanya belum prototype, sebab, faktor lahan yang sebelumnya kesulitan didapat, sebab kantor desanya selama ini berdiri diatas lahan Perhutani, sehingga wajar Pemkab enggan realisasikan bangunan dilahan yang bukan kepemilikan sah pemerintah desa, betapapun lahan itu sama-sama milik Pemerintah. Karena diakui Camat, jika memaksakan dibangun dilahan Perhutani, bisa saja menimbulkan gejolak seperti gugatan bahkan sengketa lahan dikemudian hari. Wal hasil sebutnya, saat ini lahan cukup luas sudah dimiliki desa dan siap dibangun tahun ini juga." Semoga gak meleset, tahun ini juga sudah realisasi," Katanya.
Posting Komentar