SMK Lentera Bangsa 2 Latih Desain Grafis Siswa SMP

Karawang,-  Osis dan Guru SMK Lentera Bangsa 2 Kecamatan Lemahabang menggelar kegiatan Workhsop Pelatihan Desain Grafis akhir pekan kemarin. Kegiatan aplikasi dari Kompetensi keahlian Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) ini diperuntukan bagi puluhan siswa SMP/Mts terdekat, juga merupakam ajang promosi SMK yang belum genap setahun beroperasi di Jalan Sukamaju - Babawangan Desa Lemahmukti tersebut.(19/2).



Ratnasari, Siswi kelas X RPL SMK Lentera Bangsa 2 mengatakan, meskipun agak tegang karena belum biasa melatih para siswa, namun ilmu Desain Grafis dengan corel draw ini menantangnya untuk lebih bisa diserap pemahamannya dari para siswa Mts dan SMP yang di undang pelatihan ini. Mereka sebut Ratna, bisa mendalami power point, corel draw dan desain lainnya untuk terapan dalam memproduksi Pin, Id Card, sablon book dan lainnya. Hasilnya, ia harapkan pengenalan aplikasi dan desain grafis ini bisa membuahkan hasil pemahaman yang optimal paska Workshop. Sebab, fasilitas Laptop, aplikasi dan lainnya sudah lengkap di SMK Lentera Bangsa 2 ini, tinggal kedepan, pihaknya bersama Osis programkan kegiatan-kegiatn pelatihan lanjutan design grafis ini ke beberapa SMP dan Mts di sekitaran terdekat SMK, sebab, selain memberikan ilmu dalam terapan RPL ini, juga menjadi wahana promosi SMK yang baru berdiri ini. " Agak kaku sih memberikan penjelasannya karena belum terbiasa, tapi itu jadi tantangan agar peserta bisa detail fahami desain grafis," Katanya.

Riki Gunawan M.Pd, Ketua Workhsop  Desin Grafis SMK Lentera Bangsa 2 mengatakan, kegiatan yang digelarnya ini adakah Workhsop Design grafis yang peruntukan pelatihannya bagi siswa Mts dan SMP terdekat. Disinggung alasan tema workhsop yang mengangkat design grafis, Master alumni Universitas Negeri Jakarta (UNJ) ini mengaku,  bahwa terapan desain grafis ini masih minim di Karawang dan berpeluang menjadi kompetensi yang diperhitungkan, disamping juga menjadi bagian mata pelajaran bagi siswa khusus di kompetensi Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) ini.  Sehingga, out put dari hasil pelatihan ini, para peserta bisa mempunyai skill design grafis, Percetakan dan animasi. Sebab, Materi yang disampaikan ini juga menyasar aplikasi Corel Draw, sablon book, pembuatan PIN, Id Card. " Desain Grafis ini berpeluang besar menjadi kompetensi yang diperhitungkan kedepan, makannya kita gelar Workshopnya," Katanya.

Riki menambahkan, bagi para siswa RPL SMK Lentera Bangsa 2, membuat deaain grafis sudah menjadi keseharian, hasilnya, selain bisa membuat sertifikat sendiri, juha bisa membuat Id Card dan desain spanduk . Diharapkan, dengan mentransfer ilmunya pada para siswa SMP/Mts, tercipta pola pikir baik bagi siswa SMK Lentera Bangsa 2, maupun pesertanya bahwa peluang bekeeja itu bukan menjadi kewajiban harus ke industri perusahaan atau PT, sebab, dengan menguasai Design grafis saja secara total, bisa menciptakan pundi-pundi Rupiah, bahkan menciptakan kesempatan kerja lebih banyak di desa-desa." Selain ajang Promosi, kita juga ingin peserta dan pelatih sama-sama punya pola pikir untuk bisa menguasai desain grafis," Katanya. 
Posting Komentar