Tujuh Kabupaten/kota Jabar Terkait Penyelenggaran Asian Games 2018


Bandung. - Sekda Provinsi Jawa Barat Iwa Karniwa menuturkan ada tujuh kabupaten/kota di Jawa Barat yang terkait dengan pelaksanaan pertandingan lima cabang olahraga Asian Games 2018, diantaranya Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Subang, Kabupaten Majalengka, Kota Bekasi dan Kabupaten Bogor.

"Ada tujuh kabupaten/kota di Jabar yang terkait dengan pelaksanaan Asian Games 2018, tujuh kabupaten/kota itu akan menjadi lokasi lima cabang olahraga seperti sepak bola, paragliding (paralayang) dan balap sepeda road race," kata Iwa Karniwa, usai menghadiri Rapat Persiapan Asian Games 2018 di Hotel El Royale Kota Bandung, Selasa.

Menurut dia, saat ini Pemerintah Provinsi Jawa Barat fokus mempersiapkan venue dan infrastruktur untuk penyelenggaraan lima cabang olah raga Asian Games 2018 di Jawa Barat. 

"Untuk saat ini kita bentuk tim lokal, saya menjadi koordinatornya. Dengan ini kita langsung menyelesaikan sejumlah masalah yang ada di lapangan terkait persiapan Asian Games. Dengan pertemuan ini, ada konsolidasi tim antara pusat, level provinsi, dan kabupaten kota," kata dia.

Ia mengatakan sejumlah pertemuan dan rapat pembahasan persiapan Asian Games, katanya, berfungsi mengetahui tugas masing-masing instansi, koordinasi serta inventarisasi masalah. 

Dia menyontohnya tentang koordinasi dilakukan terhadap perbaikan jalan di Kabupaten Subang untuk cabang olah raga balap sepeda road race.

"Sehingga jika ditanya kesiapannya, kami menyatakan siap tentunya. Kami juga sudah membuat action plan, siapa berbuat apa. Kami juga membuat pola komunikasi yang baik, dengan pusat kendali di SOR Arcamanik. Kami nyatakan Jabar siap mengharumkan Indonesia," katanya.

Oleh karena itu, untuk memaksimalkan persiapan Asian Games, Iwa mengatakan telah meminta Dinas Pemuda dan Olahraga Jabar untuk menahan program olahraga lain dan fokus mempersiapkan Asian Games. 

"Sehingga semua perhatian akan tertuju pada persiapan yang tinggal beberapa bulan lagi ini," kata dia.

Lebih lanjut ia mengatakan Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) yang awalnya diusulkan untuk menjadi venue bahkan penyelenggaraan pertandingan final cabang olah raga sepak bola tidak jadi dipakai untuk Asian Games.

"Untuk cabor sepak bola akan difokuskan di Stadion Si Jalak Harupat di Kabupaten Bandung. Terlebih kini, Si Jalak Harupat dapat diakses dengan mudah melalui Tol Soroja," kata dia. 

Selain itu, lanjut dia, pertandingan sepak bola Asian Games 2018 juga akan diselenggarakan di Stadion Patriot di Kota Bekasi, Stadion Wibawamukti di Kabupaten Bekasi, dan Stadion Pakansari di Kabupaten Bogor.

Ia menambahkan Pemprov Jawa Barat sudah mengalokasikan Rp7 miliar untuk pencetakan brosur, baligo, umbul-umbul, billboard, rapat koordinasi di tujuh kabupaten kota, perbaikan ruang ganti atlet dan sekretariat panitia Asian Games di SOR Arcamanik.

Keputusan penggunaan venue di Jabar dipegang oleh INASGOC atau Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee. 

Sehingga, lanjut, Iwa, Pemprov Jawa Barat dapat meraih keuntungan di bidang pariwisata dan perdagangan dengan kedatangan para peserta Asian Games 2018.


sumber : antara
Posting Komentar