500 Keluarga Terima Bansos PKH - PELITA KARAWANG
500 Keluarga Terima Bansos PKH

500 Keluarga Terima Bansos PKH

Share This

PELITA KARAWANG-.Sebanyak 500 keluarga dari target sasaran 37.678 penerima manfaat (KPM) di Kota Bandung menerima bantuan sosial dari Program Keluarga Harapan (PKH) nontunai untuk tahun 2018.

"Jadi intinya bantuan ini ingin mempercepat mereka keluar dari kemiskinan," ujar Kepala Dinas Sosial Kota Bandung, Tono Rusdiantono saat menyerahkan Bansos PKH di Panti Sosial Bina Netra (PSBN) Wyata Guna, Kota Bandung, Kamis.

Dalam kegiatan tersebut, turut hadir Menteri Sosial Republik  Idrus Marham, yang menyerahkan secara simbolis kepada perwakilan masyarakat Bansos PKH.

Tono mengatakan, jumlah penerima PKM pada tahun 2018 meningkat dibanding tahun 2017 yang hanya mencapai 21.957 keluarga. Namun kenaikan ini, kata dia, bukan sebuah indikator bahwa di Kota Bandung masyarakat yang tergolong tidak mampu, tinggi.

"PKH itu naik karena nominal bantuannya naik, jadi dimanfaatkan oleh masyarakat yang memang sesuai persyaratan," kata dia.

Ia menjelaskan, terdapat berbagai macam kriteria untuk menentukan bahwa sebuah keluarga tersebut berhak mendapatkan Bansos PKH yang berdasarkan pada Peraturan Menteri Sosial.

Beberapa kriteria tersebut seperti tidak punya penghasilan tetap, rumah kurang dari enam meter, tidak punya keluarga produktif, dan lain sebagainya.

"Kalau kita tidak pakai indikator Permensos itu, sulit," kata dia.

Untuk menentukan PKH, Dinsos menyebar tim pendamping PKH sebanyak 99 orang di 30 kecamatan yang ada di Kota Bandung agar keluarga yang dapat menerima bantuan tersebut benar-benar tepat sasaran.

Sementara itu Mensos RI, Idrus Marham, meminta agar penyaluran PKH tahap pertama ini dilakukan secepat mungkin.

"Pastikan beberapa hari ini itu sudah terbagi semua. Tidak boleh ada hak-ak rakyat terlambat kita tunaikan," kata dia.

Secara nasional, Bansos PKH mencapai 10 juta keluarga penerima manfaat pada tahun 2018. Rencananya pada 2019 jumlah tersebut akan ditingkatkan hingga 15 juta KPM.
Posting Komentar
bkd