PELITA KARAWANG.COM . - Aplikasi Waze dianggap mampu memberikan bantuan atau penunjuk jalan untuk menghindari kemacetan serta mendapatkan informasi lalu lintas terkini, termasuk razia yang sedang dilakukan pihak kepolisian.
Aplikasi ini dinilai mujarab bagi pengendara kendaraan bermotor untuk lolos dari sergapan petugas kepolisian. Keluhan ini telah lebih dahulu disampaikan petugas kepolisian di Amerika Serikat.
Lalu bagaimana tanggapan petugas kepolisian di Indonesia mengenai potensi kemungkinan memanfaatkan layanan aplikasi Waze tersebut untuk menghindari sergapan polisi?
Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto menjelaskan bila pihaknya belum mengetahui secara jelas terkait masalah tersebut.
"Kita belum tahu secara jelas tentang itu, yang jelas pelanggaran lalu lintas itu adalah mereka yang menggunakan HP saat berkendara, itu saja," katanya.
Selain itu Budiyanto menegaskan, penggunaan GPS bagi pengendara kendaraan bermotor bukanlah sebuah pelanggaran, justru itu sangat membantu.
"Yang jelas kita enggak berpengaruh sama itu (pemberitahuan razia lewat GPS). Yang jelas penggunaan GPS untuk kendaraan bermotor tidak melanggar. Yang melanggar itu penggunaan hp-nya," ujarnya.


Sumber : viva