Beras Jelek Kembali Disuguhi Buat Rakyat Karawang ,Ini Faktanya - PELITA KARAWANG
Beras Jelek Kembali Disuguhi Buat Rakyat  Karawang ,Ini Faktanya

Beras Jelek Kembali Disuguhi Buat Rakyat Karawang ,Ini Faktanya

Share This
PELITAKARAWANG.COM-.Belum genap seminggu,Beras kualitas jelek dan busuk dalam karung Beras Sejahtera (Rastra) menjadi sorotan di Desa Cariumulya Kecamatan Telagasari.Kejadian serupa kembali terulang di sejumlah desa di Kecamatan Cilamaya Kulon Senin (19/3/2018).

Kecerobohan sortir Rastra buruk gudang Dolog,nampaknya belum di evaluasi penuh. Buktinya, Rastra yang bau, banyak menir dan kekuningan berhasil dideteksi pemerintah desa, bahkan dua Desa diantaranya seperti Sukamulya dan Tegalurung dengan tegas menolaknya.

Yani,Kaur Umum Desa Tegalurung mengatakan, jatah di desanya sekitar 534 KPM. Rastra untuk bulan Februari, baru turun pada senin kemarin,(19/3/2018) serentak di semua Desa di Kecamatan Cilamaya Kulon.Sayangnya, belum truck menurunkan beras dikantor Desa, ia sortir ulang kualitasnya, hasilnya mengejutkan, karena kualitas beras dibanding bulan sebelumnya jauh lebih buruk yang bulam ini,betapa tidak saat di cek,beras untuk konsumsi masyarakat kurang mampu ini banyak menir, bau dan berwarna kekuningan.
 
Ia heran, disaat Rastra mau berakhir, justru malah sering turin kualitas yang buruk, karenanya,sebelum beras itu diturunkan, ia enggan tandatangani berita acara penerimaan dan memilih menolak Raskin seluruhnya dari dalam truck untuk diangkut dan diganti kembali. " Yang Januari lumayan bagus, tapi Rastra kali ini kita kebagian yang jelek, banyak  menir dan warnanya Kuning," Sesalnya.


Yani menambahkan,atas kualitas yamg jelek itu, ia sempat koordinasi dengan desa lainnya, ternyata beras dengan kualitas jelek juga dialami Desa Sukamulya. Karenanya, ia menolak dan meminta penggantian, walaupun sebut Yani, menerima penggantian beras dengan kualitas yang lebih bagus haris bersabar, karena harus menunggu 2 -3 harian agar beras pengganti itu turun ke desanya lagi." Kita minta diganti, ya walaupun waktunya selang 2 harian sih," Katanya.

Senada dikatakan Pegawai Desa Sukamulya,Herwan,di desanya ada   524 KPM yang menerima Rastra tahun ini, namun hampir setengahnya justru saat dibongkar dan di cek, beras justru ngebul berasap dan bau, bahkan warnanya kuning. Jika melihat demikian, memang seharusnya ditolak semua, namun ia awalnya tidak tau, karena saat turun dari Truck, belum di cek optimal.Melihat Rastra seperti itu, ia usulkan kembali penggantian ke Dolog. Ia belum tahu desa lainnya bagaimana, yang jelas khusus Sukamulya, justru kebagian yang jelek." Berasnya Remuk pisan pak, ngebul dan kuning, ini baru setengahnya saja, kita jelas minta penggantian," Katanya.
Posting Komentar
bkd