Gubernur Jabar Berharap Pemerintah Tambah Perguruan Tinggi


Karawang. - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan berharap pemerintah menambah perguruan tinggi negeri di Jawa Barat karena kini jumlah perguruan tinggi negeri dinilai masih kurang.

"Jumlah penduduk Jawa Barat saat ini semakin padat. Artinya tidak sebanding dengan jumlah perguruan tinggi negeri yang ada," katanya disela Penghijauan dan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Masjid Baru Universitas Singaperbangsa Karawang, Selasa.

Terkait dengan kekurangan jumlah perguruan tinggi di wilayahnya, Heryawan mengaku pernah menyampaikan ke Kemenristek Dikti. Tapi hal tersebut tidak terlalu ditanggapi. 

Ia berharap agar ke depan, tingginya laju pertumbuhan penduduk di Jawa Barat bisa sebanding dengan jumlah perguruan tinggi negeri di wilayah tersebut. 

Hal itu dinilai penting karena perguruan tinggi negeri bisa meningkatkan kualitas sumber daya manusia Jawa Barat.

Menurut dia, sepanjang 10 tahun ini Jawa Barat memiliki tambahan lima perguruan tinggi dan Politeknik negeri. 

Untuk menambah kualitas SDM masyarakat Jawa Barat, Heryawan mengimbau agar seluruh rektor perguruan tinggi membuat program-program studi yang disesuaikan dengan kebutuhan pembangunan. 

"Prodi (program studi) yang ditawarkan harus sesuai dengan tuntutan pembangunan di daerahnya dan kebutuhan dalam negeri. Sehingga tidak ada mahasiswa `menumpuk` di jurusan tertentu," kata gubernur. 



Sumber :antara
Posting Komentar